Home / Humas / Pembinanan Tata Persuratan Dinas
tata persuratan
Pembinanan Tata Persuratan Dinas Kemenag Kota Malang

Pembinanan Tata Persuratan Dinas

Salah satu indikator penting yang dapat dilihat untuk mengukur tingkat kualitas kinerja sebuah organisasi atau instansi adalah tertib administrasi tata persuratan dan kerarsipannya.

 Tata persuratan dinas berguna sebagai sarana komunikasi kedinasan dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan dan dewasa ini, akan tetapi masih juga ditemukannya kesalahan-kesalahan aturan penulisan atau format penulisan pada surat kedinasan serta masih banyak pula ditemukan kesalahan-kesalahan dalam pembuatan surat statuter dan   non statuter dilingkungan Kementerian Agama. Hal tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2006.  

Demikian uraian singkat sambutan Pgs. Kepala  Kankemenag  Kota  Malang,  Machsun Zain, S.Ag. M.Si, yang disampaikan dalam acara Pembukaan Pembinaan Tata Persuratan Dinas sekaligus sebagai pemateri dan narasumber dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang perwakilan dari satker di Lingkungan dan Jajaran Kankemenag Kota Malang pada Senin, 18 November 2013 bertempat di Aula Kankemenag Kota Malang.

Maksud dan tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah Terwujudnya pedoman dalam pembuatan surat dinas; Terciptanya kelancaran komunikasi koresponden kedinasan dan kemudahan dalam pengendalian pelaksanaannya; Meningkatnya dayaguna dan hasil guna pengelolaan surat dinas dan pengolahan arsip; dan Diperolehnya keseragaman dalam penyelenggaraan, termasuk keseragaman pola/bentuk dan  tindakan dalam kegiatan surat menyurat dinas di lingkungan Kementerian Agama.

Check Also

PLT. KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR MEMBUKA ACARA FESTIVAL ANAK SHOLEH DAN KREATIFITAS GURU IGRA SE-JAWA TIMUR

Pendidikan dianggap sebagai suatu investasi yang paling berharga dalam meningkatkan kualitas sumber daya insani untuk …

BIMAS ISLAM KEMENAG KOTA MALANG ADAKAN BIMBINGAN PERKAWINAN PRA NIKAH USIA REMAJA DI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Pernikahan merupakan suatu gerbang awal bagi setiap pasangan dalam menjalani bahtera rumah tangganya. Sakinah mawaddah …

JUM’AT SEHAT – KEMENAG KOTA MALANG LAKUKAN RUTINITAS SENAM PAGI

Di era milenial sekarang ini, setiap orang memiliki aktivitas yang cukup padat, terutama bagi pekerja …

KANKEMENAG KOTA MALANG ADAKAN EVALUASI PENYUSUNAN LAPORAN KEGIATAN

Pentingnya proses evaluasi terhadap suatu kegiatan mengharuskan seluruh anggota organisasi memahami cara dan proses dari …