Home / Humas / Pembinanan Tata Persuratan Dinas
tata persuratan
Pembinanan Tata Persuratan Dinas Kemenag Kota Malang

Pembinanan Tata Persuratan Dinas

Salah satu indikator penting yang dapat dilihat untuk mengukur tingkat kualitas kinerja sebuah organisasi atau instansi adalah tertib administrasi tata persuratan dan kerarsipannya.

 Tata persuratan dinas berguna sebagai sarana komunikasi kedinasan dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan dan dewasa ini, akan tetapi masih juga ditemukannya kesalahan-kesalahan aturan penulisan atau format penulisan pada surat kedinasan serta masih banyak pula ditemukan kesalahan-kesalahan dalam pembuatan surat statuter dan   non statuter dilingkungan Kementerian Agama. Hal tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2006.  

Demikian uraian singkat sambutan Pgs. Kepala  Kankemenag  Kota  Malang,  Machsun Zain, S.Ag. M.Si, yang disampaikan dalam acara Pembukaan Pembinaan Tata Persuratan Dinas sekaligus sebagai pemateri dan narasumber dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang perwakilan dari satker di Lingkungan dan Jajaran Kankemenag Kota Malang pada Senin, 18 November 2013 bertempat di Aula Kankemenag Kota Malang.

Maksud dan tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah Terwujudnya pedoman dalam pembuatan surat dinas; Terciptanya kelancaran komunikasi koresponden kedinasan dan kemudahan dalam pengendalian pelaksanaannya; Meningkatnya dayaguna dan hasil guna pengelolaan surat dinas dan pengolahan arsip; dan Diperolehnya keseragaman dalam penyelenggaraan, termasuk keseragaman pola/bentuk dan  tindakan dalam kegiatan surat menyurat dinas di lingkungan Kementerian Agama.

Check Also

LOMBA NASI GORENG DI KEGIATAN HARI JADI DWP, HAB DAN HARI IBU DI KEMENAG KOTA MALANG

Bagaimana jadinya bila Bapak-Bapak  yang biasanya ga tau masak tiba-tiba harus ngikuti lomba masak nasi …

KAKANKEMENAG KOTA MALANG MELANTIK KASUBAG TU

Bertempat di Ruang Aula Kepala Kantor Kemenag Kota Malang Dr. H. Mohammad Zaini, MM. M.BA  …

PENGAMBILAN SUMPAH 28 ORANG PNS OLEH KAKANKEMENAG

Kantor Kementerian Agama Kota Malang pada setiap satu bulan sekali rutin menggelar kegiatan Upacara yang …

WALIKOTA DAN KAKANKEMENAG KOTA MALANG LEPAS 60 RIBU PESERTA PARADE MUHARAM

Merupakan agenda rutin tahunan bekerjasama dengan Pemkot, Kemenag dan MUI Kota Malang menggelar Parade Muharram, …