Home / Humas / KASI PAIS MEMBUKA KEGIATAN SOSIALISASI PEMBINAAN ROHIS SMA/SMK

KASI PAIS MEMBUKA KEGIATAN SOSIALISASI PEMBINAAN ROHIS SMA/SMK

foto KASI PAIS MEMBUKA SOSIALISASI ROHIS

Kota Malang (PAIS), Selasa, 19/4 Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Dr. Moh. Arifin, M.Pd membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kualitas Rohis SMA/SMK didampingi Kepala SMAN 8 Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd

Dalam sambutannya Mewakili Kepala Kankemenag Kota Malang  yang tidak dapat hadir karena kegiatan yang bersamaan Dr. Moh. Arifin, M.Pd menyampaikan bahwa salah satu fase yang berperan kepada para remaja ialah masa SMA/SMK. Banyak pendapat yang menyatakan betapa berpengaruhnya masa tersebut terhadap pembentukan paradigma dasar pemikiran mereka. Karena sejatinya masa pergolakan yang dialami remaja pada masa tersebut akan membentuk pola pikir dasar. Lebih lanjut disampaikan Kementerian Agama Kota Malang siap menyukseskan acara Perkemahan Rohani Islam (Rohis) yang akan diselenggarakan pada waktu dekat ini kesiapan tersebut salah satunya ditunjukkan dengan menyiapkan mental spiritual pelajar SMA/SMK agar memiliki jiwa kepemimpinan islami, cerdas, pandai sehingga tercipta generasi emas penerus bangsa yang mampu memberikan perubahan berarti bagi negeri ini.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini mengambil tempat di SMAN 8 Malang dan diikuti oleh 42 siswa dari berbagai SMA/SMK di Kota Malang. Para siswa mendapatkan materi – materi keagamaan salah satunya dari Kepala Kantor Kemenag Kota Malang Drs. H. Imron, M.Ag. beliau mengingatkan kepada seluruh peserta khususnya, agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik. Serta tidak mudah untuk mengikuti organisasi/ajaran/paham-paham yang tidak jelas dan radikal. “Jadilah generasi muda yang cerdas dan tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif. Serta mampu memilah mana yang baik dan harus diikuti. Karena Allah tidak menyuruh kita menjadi malaikat. Tapi tidak pula jadi syaithan. Yang sedang-sedang saja. Alias jadi manusia yang baik,” katanya disambut gelak tawa hadirin.

Sementara itu Kepala SMAN 8 Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd sebagai pemateri dengan judul materi Pengembangan Rohani Islam / SKI. Menyampaikan bila dicermati baik-baik, semua permasalahan yang terjadi di Indonesia merupakan akibat lemahnya karakter masyarakat bangsa ini. Rohis yang muncul di berbagai sekolah, terutama SMA/SMK dapat menjadi solusi pembentukan karakter yang kuat serta peduli akan kondisi bangsa.  Guna membangun karakter remaja idaman, Rohis menitikberatkan kegiatan-kegiatannya pada tiga sektor. Yakni, sektor pembinaan, sektor organisasi dan sektor pengaplikasian,”Dihadapan para peserta Sulthon melanjutkan, pembinaan merupakan hal fundamental. Tidak dapat disangkal bahwa output yang sukses dihasilkan dari proses pembinaan yang baik. Pembinaan di Rohis bertujuan untuk membentuk karakter anak bangsa. Karakter yang dibentuk berlandaskan pemahaman Islam yang baik, juga dapat diterapkan sebagai manfaat dalam kehidupan nyata, tuturnya (BHN)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

KAKANKEMENAG BUKA WORKSHOP BIDANG HUKUM

Bertempat di Hotel Grand Palace Malang Kamis, 12/10 Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang Dr. …

HARAPAN KAKANWIL ”ASN MENJAGA MARWAH KEMENAG”

Bertempat di Aula MAN 3 Malang Jumát, 6/10 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor …

RAKOR PENYELENGGARAAN PARADE MUHAROM

Rapat Koordinasi yang digelar pada Senin, (2/10) bertempat di Ruang Balai Sidang Pemerintahan Kota Malang …

BALAI LITBANG SEMARANG ADAKAN DESIMINASI HASIL PENELITIAN DI KOTA MALANG

Kota Malang (Humas) Tim Peneliti Bidang Kehidupan Keagamaan Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang pada …

Leave a Reply