Home / Humas / SIDAK GABUNGAN TIM PORA KOTA MALANG

SIDAK GABUNGAN TIM PORA KOTA MALANG

Pada Hari Senin, 13/3 Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) melakukan kegiatan operasi pengawasan dan pengecekan keberadaan dan kegiatan Warga Negara Asing (WNA) yang kali ini sasarannya para tenaga Pendidik/Dosen dan Mahasiswa pada PTN UNIBRAW dan UIN Maliki Malang.

Sidak Tim PORA yang diKomandani Kanin Kelas 1 Malang Novianto Sulastono, SH yang beranggotakan dari unsur Kemenag Kota Malang, Kodim 0833, Badan Intelijen Negara, Kejaksaan Malang, Polres Malang, Satpol PP, BNN, Diknas, Dinkes, Disnakertrans dan Dispenduk  ini dalam kegiatannya melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian dan   melakukan tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang.

Keanggotaan Kemenag Kota Malang di Tim PORA diwakili oleh Kasi PD. Pontren H. Ahmad Shampton, S.HI dan Humas M. Burhanuddin, SH diperlukan karena kehadiran/keberadaan Warga Negara Asing (WNA) di Kota Malang bidang Agama/Rohaniwan baik Dosen/Pengajar maupun Pelajar menjadi tanggungjawab/wewenang dan yang merekom kedatangannya adalah Kemenag Kota Malang.  

Novianto Sulastono, SH mengungkapkan, kegiatan ini di laksanakan untuk menyikapi maraknya kasus tenaga kerja asing illegal dan penggunaan Narkotika serta mengecek dokumen imigrasi juga wawancara langsung pada dosen dan mahasiswa asing. “karena inspeksi mendadak, kami hanya ambil beberapa sampel, dari data yang dimilikinya, sebanyak 160 warga Negara asing (WNA) ada di UB. Sementara di UIN Maliki Malang, terdapat 170 WNA. Namun, yang menjadi sempel adalah 25 WNA, 11 orang dari UB dan 14 lainnya dari UIN.

Selain sidak dokumen keimigrasian, sejumlah WNA yang menjadi sampel tersebut, mengikuti tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang. Dari sejumlah 25 WNA yang ikut tes urine, dua orang positif memakai obat terlarang.

Kepala BNN Kota Malang AKBP Bambang Sugiharto menyatakan, urine dua WNA positif mengandung BenZo karena mengonsumsi obat dokter.” Bukti resep serta belanja obat apotek telah diserahkan ke BNN kota malang sebagai arsip,” jelas dia.

Dalam sidak itu, dia berharap, WNA juga mendapat pengawasan dalam kasus peredaran narkoba yang baru-baru ini terjadi. “ bisa jadi, warga asing tersebut menggunakan, mengedarkan, atau justru korban dari narkoba,” terang dia. Jika terbukti menggunakan atau mengedarkan narkoba, bakal ada tindakan tegas (BHN).

Check Also

PLT. KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR MEMBUKA ACARA FESTIVAL ANAK SHOLEH DAN KREATIFITAS GURU IGRA SE-JAWA TIMUR

Pendidikan dianggap sebagai suatu investasi yang paling berharga dalam meningkatkan kualitas sumber daya insani untuk …

BIMAS ISLAM KEMENAG KOTA MALANG ADAKAN BIMBINGAN PERKAWINAN PRA NIKAH USIA REMAJA DI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Pernikahan merupakan suatu gerbang awal bagi setiap pasangan dalam menjalani bahtera rumah tangganya. Sakinah mawaddah …

JUM’AT SEHAT – KEMENAG KOTA MALANG LAKUKAN RUTINITAS SENAM PAGI

Di era milenial sekarang ini, setiap orang memiliki aktivitas yang cukup padat, terutama bagi pekerja …

KANKEMENAG KOTA MALANG ADAKAN EVALUASI PENYUSUNAN LAPORAN KEGIATAN

Pentingnya proses evaluasi terhadap suatu kegiatan mengharuskan seluruh anggota organisasi memahami cara dan proses dari …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.