Home / PD Pontren / info pesanten / Try Out Ujian Nasional Berbasis Komputer Bagi Santri

Try Out Ujian Nasional Berbasis Komputer Bagi Santri

Malang, 3 Oktober 2017, santri-santri Pesantren Daruttaklim Waddakwah dan Ulumussyariah yang terdaftar sebagai penyelenggara pendidikan Paket C mengikuti try out Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk ujian nasional gelombang 2 di SMPN 6 Malang.

Setelah melalui upaya panjang kemenag dan diknas Kota Malang, akhirnya mereka insya Allah dapat mengikuti ujian nasional setelah sebelumnya terganjal oleh sistem Dapodik yang diterapkan Kementerian Pendidikan Nasional.

Tentu patut kita syukuri bersama karena keberadaan Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, telah tumbuh dan berkembang sejak masa penyebaran Islam dan telah banyak berperan dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Dalam perjalanannya pesantren mengalami pembaruan dan pengembangan, khususnya kurikulum dan metode pembelajarannya. Sebagian ada yang mengakomodir pendidikan madrasah formal sebagian lagi tetap mempertahankan pola pendidikan khas pesantren yag telah lama berlaku di pesantren.

Sebagai upaya memberikan penghargaan dan dukungan terhadap kiprah pesantren, pemerintah melalui kementerian agama berupaya memberikan akses pendidikan formal bagi santri yang mondok dipesantren salaf murni dengan mengikuti program paket A setara SD, paket B setara SMP dan paket C setara SMA.

Upaya penyetaraan pendidikan formal bagi santri pesantren ini telah dituangkan dalam kesepakatan bersama antara Direktur Jendral Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda Kementerian Pendidikan Nasional dan Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: 19/E/MS/2004 dan Nomor : DJ.II/166/04.

Leave a Reply