Home / PD Pontren / info pesanten / Peringatan Hari Santri

Peringatan Hari Santri

Foto Ubaidillah Hamid.Senin, 23 Oktober 2017, Kantor Kementerian Agama Kota Malang menyelenggarakan upacara hari santri nasional. 

Hari santri yang jatuh pada setiap tanggal 22 Oktober ini diresmikan oleh Presiden pada tahun 2015. Penentuan tanggal 22 oktober sebagai hari santri ini berdasar tanggal diluncurkannya resolusi jihad, perintah berperang melawan penjajah Belanda oleh Hadratussheikh Kyai Haji Hasyim Asy’ari.

Karena itu peringatan hari santri ini disamping sebagai penghargaan atas jasa kaum santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, juga menjadi upaya menumbuhkan semangat santri dalam mempertahankan NKRI dari pihak-pihak yang menginginkan kehancurannya.

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang Dr. H. Muhammad Zaini, MM. M.BA dengan petugas upacara dari santri-santri mantan anak jalanan Pondok Pesantren Sabilul Hikmah Kota Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kementerian Agama Kota Malang secara simbolis memberikan santunan bagi santri yatim kepada 3 santri dari 37 santri yang mendapatkan santunan. Santunan ini sendiri diambil dari infaq yang dikumpulkan di UPZ Kemenag Kota Malang, Kas Santunan Anak Yatim dan shadaqah masyarakat yang sangat mendukung kegiatan ini. 

Upacara hari santri yang dihadiri 150 santri dari 9 pesantren di Kota Malang ditutup dengan pemotongan tumpeng dan makan bersama santri dan pegawai Kementerian Agama Kota Malang. (as)

Check Also

Kemenag RI Gelar Diseminasi Hasil Kajian Quran di Al Hikam Malang

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI bekerjasama dengan PCNU …

Dua Gawe Besar Pondok Pesantren

Sidoarjo, 17.01.17 Dalam rangka mempersiapkan dua pekerjaan besar Pondok Pesantren yaitu ujian nasional bagi santri …

Leave a Reply