• Info PAH Update
Home / Humas / BIMAS ISLAM KEMENAG KOTA MALANG ADAKAN BIMBINGAN PERKAWINAN PRA NIKAH USIA REMAJA DI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

BIMAS ISLAM KEMENAG KOTA MALANG ADAKAN BIMBINGAN PERKAWINAN PRA NIKAH USIA REMAJA DI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Pernikahan merupakan suatu gerbang awal bagi setiap pasangan dalam menjalani bahtera rumah tangganya. Sakinah mawaddah dan rohmah yang ingin dicapai tidak akan pernah terwujud apabila setiap pasangan tidak saling menghormati dan tidak saling percaya. Pada hari Selasa, 13/11 Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Malang bekerjasama dengan Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahin Malang mengadakan workshop yang bertema Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Remaja Usia Nikah “Pencegahan Kawin Anak”.

Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Adapun peserta dari kegiatan ini adalah mahasiswa Jurusan Al-Akhwal As-Syahsiyyah Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, semester 3 dan 5. Kegiatan ini dimulai dengan laporan ketua panitia, Muhammad Rosyad selaku kepala seksi BIMAS (Bimbingan Masyarakat) Islam kantor Kementerian Agama Kota Malang. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Syariah, Syaifullah dan pembukaan secara resmi oleh kepala kantor Kementerian Agama Kota Malang, Mohammad Zaini serta pendatanganan MOU oleh kedua belah pihak.

Kepala kantor Kementerian Agama kota Malang, Mohammad Zaini dalam sambutannya sekaligus sebagai pemateri menyampaikan bahwa diera globalisasi saat ini selain orang tua dan lingkungan, teknologi informasi pun ikut andil dalam pergaulan remaja. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah pencegahan nikah usia dini bagi remaja. Perselisihan dan perceraian merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap menurunnya kualitas generasi muda bangsa di masa yang akan datang. KDART (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dapat berpotensi menjadi sumber permasalahan sosial dikemudian hari. Program bimbingan perkawinan ini, diadakan karena adanya kebijakan baru terkait penyelenggaraan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin yang telah dirmuskan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Mengenai materi bimbingan perkawinan ini, bahan ajar di desain secara lebih komprehensif dengan mempertimbangkan kebutuhan calon pengantin meliputi pengetahuan (knowledge) dan kemampuan (skill) dalam (1) membangun dan membina keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah, (2) menjaga dan melestarikan hubungan suami-istri, serta (3) mengelola konflik dalam keluarga.

Adapun pemateri dalam kegiatan ini, materi pertama disampaikan oleh kepala seksi BIMAS (Bimbingan Masyarakat) Islam kantor Kementerian Agama Kota Malang, Mohammad Rosyad menyampaikan materi tentang UU No. Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam. Materi kedua disampaikan oleh Dosen Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Ahmad Izzudin menyampaikan materi tentang Fiqih Remaja. Materi ketiga, disampaikan oleh Dosen Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Mufidah Cholil menyampaikan materi tentang Psikologi Keluarga. Materi keempat disampaikan oleh Dosen Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Faridatus Suhadak menyampaikan materi tentang Manajemen Keluarga. Materi terakhir disampaikan oleh Dosen Fakultas Kedokteran UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dr. Ana Rahmawati menyampaikan materi tentang Kesehatan Reproduksi. Kegiatan ini berjalan lancar dari awal hingga akhir acara, penyampaian materi yang sangat menarik membuat peserta semakin tertarik dan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. (Bhn)

Check Also

PULUHAN MUSTAHIQ/DHUAFA TERIMA BANTUAN DARI DWP DAN PENSYAR

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 73 Tahun 2019 Dharma …

KASUBAG TU BUKA KEGIATAN SOSIALISASI PBJP

Kantor Kementerian Agama Kota Malang pada selasa (27/11) bertempat di Aula Kankemenag Kota Malang menggelar …

WUJUDKAN ASN BERKUALITAS DENGAN SIEKA

Salah satu indikator yang dapat dinilai dalam menentukan kapabilitas suatu pegawai yaitu dengan menilai sejauh …

PLT. KAKANWIL BERI MATERI PADA KEGIATAN BINWIN DI KUA KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Perkawinan bagi calon pasangan suami-isteri adalah hal yang harus dipersiapkan dengan sematang-matangnya agar calon pasangan …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.