• Info PAH Update
Home / Humas / PLT. KAKANWIL BERI MATERI PADA KEGIATAN BINWIN DI KUA KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

PLT. KAKANWIL BERI MATERI PADA KEGIATAN BINWIN DI KUA KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Perkawinan bagi calon pasangan suami-isteri adalah hal yang harus dipersiapkan dengan sematang-matangnya agar calon pasangan suami-isteri tersebut dapat membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Pada hari Rabu (14/11) Kantor Kementerian Agama Kota Malang mengadakan kegiatan “Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin Angkatan XVII Tahun 2018” yang bertempat di Kantor KUA Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Kegiatan Binwin dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB dan dihadiri oleh beberapa pasangan calon pengantin baik laki-laki dan perempuan di wilayah Kecamatan Blimbing. Materi-materi yang disampaikan beragam, salah satunya yaitu “Dinamika Pernikahan” yang disampaikan oleh Plt. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin. Beliau menyampaikan bahwa dinamika merupakan gejolak-gejolak yang dialami dalam hubungan rumah tangga atau lika-liku yang harus dilalui untuk menjalani hubungan pernikahan. Wilayah Jawa Timur menduduki tingkat perceraian dengan perkiraan rangking 5 di Indonesia, sedangkan Kabupaten/Kota Malang menduduki rangking 5 se-Jatim. Hal ini menjadi suatu problem yang harus dapat diatasi dan diselesaikan bersama.  

Resep untuk menjalin keluarga yang sakinah mawaddah warohmah  memiliki 4 Pilar Pernikahan yang Sehat yang harus diperhatikan oleh pasangan calon pengantin, antara lain (1) Hubungan pernikahan adalah pasangan (zawwaj), maksudnya yaitu masing-masing pasangan itu harus memahami tiap pasangan masing-masing. (2) Pernikahan adalah perjanjian yang kokoh (mitsaaqon ghalidha). Ucapan ijab qabul mudah diucapkan, akan tapi kita harus bertanggungjawab atas amanah yang sudah diucapkan tersebut. Yang harus diperhatikan disini yaitu sebagai seorang laki-laki, ia memiliki 4 tanggungjawab yang harus diemban yaitu kepada ibu, isteri, saudara perempuan, dan anak-anaknya. (3) Pernikahan perlu dibangun dengan sikap dan hubungan yang baik (mu’asyarah bil ma’ruf) perbanyak perbuatan baik pada pasangan. (4) Pernikahan dikelola dengan prinsip musyawarah untuk mencapai mufakat.

Di akhir acara, Haris Hasanuddin menyerahkan sertifikat kepada seluruh peserta binwin yaitu pasangan calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan. (Bhn)

Check Also

PULUHAN MUSTAHIQ/DHUAFA TERIMA BANTUAN DARI DWP DAN PENSYAR

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 73 Tahun 2019 Dharma …

KASUBAG TU BUKA KEGIATAN SOSIALISASI PBJP

Kantor Kementerian Agama Kota Malang pada selasa (27/11) bertempat di Aula Kankemenag Kota Malang menggelar …

WUJUDKAN ASN BERKUALITAS DENGAN SIEKA

Salah satu indikator yang dapat dinilai dalam menentukan kapabilitas suatu pegawai yaitu dengan menilai sejauh …

PLT. KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR MEMBUKA ACARA FESTIVAL ANAK SHOLEH DAN KREATIFITAS GURU IGRA SE-JAWA TIMUR

Pendidikan dianggap sebagai suatu investasi yang paling berharga dalam meningkatkan kualitas sumber daya insani untuk …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.