• Info PAH Update
Home / Humas / KH Masjkur, Sang Pahlawan Nasional Mantan Menteri Agama

KH Masjkur, Sang Pahlawan Nasional Mantan Menteri Agama

KH Masjkur

Penganugerahan  KH Masjkur menjadi Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2019 merupakan kebahagiaan dan hadiah terbesar bagi Kementerian Agama yang di Malang. Pasalnya KH Masjkur bisa dikatakan asli Arema, karena beliau dilahirkan di Desa Pegetan, Singosari, Malang Jawa Timur pada tanggal 30 Desember 1902.  Selain berdarah Arema, KH Masjkur adalah mantan Menteri Agama  pada lima kabinet berbeda dalam rentang waktu 1948 – 1955.

Pemberian gelar pahlawan tersebut merupakan usulan masyarakat, sejarawan, dan pemerintah yang melihat perjuangan dan jasa-jasa K.H Masjkur dan Pemerintah menilai beliau layak menyandang gelar pahlawan atas kontribusi dan jasa-jasanya yang dilakukan untuk Indonesia. KH Masjkur merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama asal Malang dan Perintis Pembela Tanah Air (PETA). KH Masjkur merupakan panglima tertinggi barisan perjuangan yang terdiri dari para santri yakni Laskar Hizbullah, yang terlibat aktif dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan, termasuk Pertempuran Surabaya yang berpuncak pada 10 November 1945. Seiring waktu, laskar ini melebur dengan angkatan perang RI sebelum akhirnya menjadi TNI.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Muhtar Hazawawi, menegaskan bahwa Pengakuan KH Masjkur sebagai Pahlawan Nasional, hendaknya dijadikan inspirasi bagi masyarakat Malang, khususnya yang berada di jajaran Kementerian Agama agar senantiasa memberikan sumbangsih dan kontribusinya dengan segenap jiwa untuk kepentingan bangsa dan Negara.  (hmc)

*) Dari berbagai sumber

 

Check Also

PULUHAN MUSTAHIQ/DHUAFA TERIMA BANTUAN DARI DWP DAN PENSYAR

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 73 Tahun 2019 Dharma …

KASUBAG TU BUKA KEGIATAN SOSIALISASI PBJP

Kantor Kementerian Agama Kota Malang pada selasa (27/11) bertempat di Aula Kankemenag Kota Malang menggelar …

WUJUDKAN ASN BERKUALITAS DENGAN SIEKA

Salah satu indikator yang dapat dinilai dalam menentukan kapabilitas suatu pegawai yaitu dengan menilai sejauh …

PLT. KAKANWIL BERI MATERI PADA KEGIATAN BINWIN DI KUA KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Perkawinan bagi calon pasangan suami-isteri adalah hal yang harus dipersiapkan dengan sematang-matangnya agar calon pasangan …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.