• Info PAH Update
Home / Bimas Islam / Kemenag Kota Malang Sosialisasi Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

Kemenag Kota Malang Sosialisasi Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

(humas-malang) Kementerian Agama Kota Malang menggelar sosialisasi Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan. Sosialiasi digelar dalam bentuk dialog interaktif di Radio RRI Pro 1 Malang, Kamis 21 Nopember 2019 pukul 08.00-09.00.

Kasi Bimas Islam Kota Malang, Drs. H. Moh. Rosyad, M.Si menjelaskan, bimbingan perkawinan di Kementerian Agama bukanlah program baru. Karena sudah dimulai secara formal sejak terbitnya Keputusan Menteri Agama 3/1999 tentang Pembinaan Keluarga Sakinah. Kemudian di tahun 2009, terbit Peraturan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam RI nomor DJ.II/491/2009 tentang Kursus Calon Pengantin.

Implementasi program dan regulasi terus dikaji, dievakuasi dan dilakukan perbaikan serta penyempurnaan. Karena itu di 2013 terbitlah Peraturan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam nomor DJ.II/542/2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kursus Pra Nikah. Lalu di 2018 terbit lagi Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam nomor 379 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin. Aturan ini berlaku sampai sekarang.

Ada dua macam bimbingan pra nikah. Yaitu bimbingan mandiri dan bimbingan tatap muka. Bimbingan tatap muka dilakukan selama dua hari, peserta diberi buku modul, makan dan snack tanpa dipungut biaya alias gratis.

Rosyad menjelaskan, bimbingan perkawinan (bimwin) pra nikah ini diharapkan menjadi enabling factor ketahanan keluarga. Dengan cara diberikan bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan kepala calon pengantin sebelum berkeluarga. Dalam bimbingan perkawinan ini akan disimulasikan berbagai gambaran yang dibutuhkan untuk bekal berkeluarga dengan metode-metode permainan yang tidak membosankan. Selain menjadi enabling factor, bimwin juga diharapkan menjadi faktor penguat (reinforcing factor) terwujudnya ketahanan keluarga.

Harapan tersebut tidaklah berlebihan. Karena di bimwin diberikan materi dan keterampilan. Tidak saja tentang hak dan kewajiban suami dan istri saja, tetapi juga diberikan materi pemahaman agama. Ini menyadarkan calon suami dan calon isteri tentang makna akad nikah serta tanggung jawab masing-masing pasangan.

Materi-materi bimwin meliputi pengutaraan harapan, kontrak belajar, mempersiapkan keluarga sakinah, membangun hubungan dalam keluarga. Termasuk materi memenuhi kebutuhan keluarga, menjaga kesehatan reproduksi dan mempersiapkan generasi berkualitas. Sesi terakhir ada refleksi dan evaluasi.

Selain bimwin, di Kementerian Agama juga ada Program Pusat Layanan Keluarga Sakinah. Ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah berumah tangga. Isinya meliputi berkah keuangan keluarga, berkah membangun relasi harmonis, layanan konsultasi dan pendampingan. Termasuk permasalahan keluarga serta permasalahan remaja. Juga pengelolaan jejaring lokal serta koordinasi lintas lembaga untuk ketahanan keluarga yang dikemas dengan nama Pusaka Sakinah.

Pusaka Sakinah sendiri merupakan branding terhadap berbagai layanan. Yakni tiga program bernama Berkah, Kompak dan Lestari. Berkah merupakan akronim dari Belajar Rahasia Nikah. Isinya memuat layanan bimbingan remaja pra-nikah bagi pasangan calon pengantin, maupun masyarakat yang memerlukan bimbingan keluarga sakinah. Kompak merupakan akronim dari Konseling, Mediasi, Pendampingan dan Konsultasi. Yakni layanan terhadap problematika perkawinan dan keluarga. Sedangkan Lestari merupakan akronim dari Layanan Bersama Ketahanan Keluarga Indonesia.

“Jadi di Kementerian Agama, untuk mempersiapkan ketahanan keluarga diluncurkan layanan pembinaan mulai pra nikah, dalam pernikahan dan pendampingan bila ada masalah dalam keluarga,” terang Rosyad.

Disinggung tentang pro dan kontra terhadap sertifikasi nikah, dengan bijak Rosyad mengatakan tunggu saja keputusan pemerintah. Karena pasti pemerintah sudah melakukan berbagai kajian dan pertimbangan. “Kita tunggu saja,” ucapnya.

Check Also

Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Malang Menyerahkan Bantuan Motor Viar New Karya 300 dan Bantuan Lainnya

  Kamis, 14/11/2010, Kasi Bimas Islam, Drs. Moh Rosyad, M.Si, yang juga tokoh Agama di …

Peringati Maulid Nabi, Kepala Kemenag Kota Malang Beri Bantuan 300 Al-Qur’an Kepada Takmir Masjid

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember, Kepala Kemenag …

Peningkatan Manajemen SDM KUA

Humas-Kota. Sabtu (12/10/2019). Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kota Malang, mengadakan kegiatan: “Peningkatan Manajemen Sumber …

Rakor Persiapan HAB Kemenag ke 74

(Humas-Kota) Selasa, 08/10/2019, bertempat di ruangan Mini Hall kantor kementerian Agama Kota Malang pukul 8.30, …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.