Home / Doa HARDIKNAS 2010

Doa HARDIKNAS 2010

DO’A PERINGATAN
HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2010

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

bismillaahi rahmaanir rahim Alhamdulillahi robbil ‘alamin;
Wabihi Nasta’inu ‘Ala umuriddunya Waddiin;
Hamdasy syakirin, hamdan naa’imiin, hamdayyuwaafu ni’amahuu wayukafii mazidah, yaa rabbana lakal hamdu kamaa yanbaghii lijalaali wajhika wa’azhiimi sultaanik.

Ya Robb. Pada hari ini kami berkumpul pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, seraya menundukkan kepala serta menengadahkan tangan memohon pinta dihadapan-Mu. Terimalah kehadiran kami ini dengan sifat-Mu Yang Maha Rahman dan Maha Rahim.

Ya Robb. Evaluasi kegiatan pendidikan tingkat SMU baru lalu menunjukkan hasil yang memperihatinkan. Mungkinkah pengambil kebijakan atau sistem yang salah, atau yang digugu yang keliru, atau malah siswa yang terpedaya atas buaian sang pengelola. Kami tak mampu menjawabnya dengan pasti. Oleh karenanya Ya Robb. Jauhkan kami dari kesalahan, hindarkan kami dari kekeliruan, serta sadarkan kami dari keterpedayaan, sehingga kami dapat melangkah dengan arif dan bijak.

Ya Robb. Pendidikan merupakan wahana untuk membentuk putera-puteri bangsa menjadi sumberdaya manusia yang unggul, berdaya saing tinggi, berkepribadian, berkreasi, berbudi pekerti, dan berakhlaqul karimah. Oleh karenanya kami memohon Ya Robb. karuniakanlah kepada kami keikhlasan dan kejujuran, karuniakan kepada kami keyakinan yang kokoh dengan kuasa dan Qudrat-Mu, serta karuniakan kepada kami semangat perjuangan dan pengorbanan sehingga apa yang di cita-citakan akan tercapai.

Ya Robb. Kami ini makhluk yang lemah dan tak berdaya serta bodoh dan jahil, namun dihadapan kami terbentang tugas yang sangat mulia dan sungguh berat, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan mutu sumberdaya manusia. Maka karuniakanlah kekuatan dan ilmu pengetahuan kepada kami agar tidak tercampak dalam kelalaian dan kenistaan . Karuniakanlah keinsyafan dan kesadaran kepada kami agar tidak terbaring ke dalam lembah riya’. Karuniakanlah keikhlasan dan kejujuran kepada kami, agar dapat membukakan pintu kejayaan dunia dan akhirat.

Ya Robb. Dalam menempuh hidup dan kehidupan ini kami telah banyak berbuat kekeliruan, kesalahan dan kealpaan. Tanpa ampunan, maghfiroh, dan kasih saying-Mu, kami akan memikul beban dosa dan kami akan termasuk orang yang merugi. Maka dengan sifat-Mu Yang Maha Pengampun kami memohon, ampunilah kekeliruan dan kesalahan kami, ampunilah kealpaan para pemimpin kami, serta kesalahan para orang tua dan pendahulu kami. Limpahkanlah kasih sayang–Mu kepada kami, kepada pemimpin serta kepada orang tua dan para pendahulu kami.

Robbana Latuahizna………………
Robbana atina fiddunya hasanah, wafil akhiroti hasanah, waqina ‘adzabanar;
Walhamdulillahi Robbil ‘Alamin
Walhamdulillahi robbil ‘alamiin.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Leave a Reply