Home / Doa HARDIKNAS 2013

Doa HARDIKNAS 2013

DO’A PADA UPACARA PERINGATAN

HARI PENDIDIDKAN NASIONAL

TANGGAL 2 MEI 2013

Alhamdu Lillahi Robbi’ Alamin;

Wabihi Nasta’inu ‘Ala umurid dunya Waddiin;

Wal ‘Aqibatu Lil Muttaqin;

Wala ‘udwana illa ‘Aladh dholimin;

Wash sholatu wassalmu ‘ala ashrofil Anbiyai wal Mursalin; wa’ala alihi waash habihi ajma’in, Amin.

 

Ya Allah! Kami keluarga besar Pegawai Jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Malang, berkumpul sejenak, memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013 seraya menundukkan kepala dan meninggikan tangan bermohon ke kehadirat-Mu. Terimalah kehadiran kami ini dengan sifat-Mu yang Maha Rahman dan MahaRahim.

Ya Allah Yang Maha Aziz! Di hadapan-Mu kami ini adalah makhluk yang lemah dan tak berdaya. Namun di hadapan kami terbentang tugas yang sangat mulia tapi sungguh berat, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan mutu sumberdaya manusia. Maka melalui sifat-Mu Yang Aziz, kami memohon; berilah kekuatan lahir dan batin; karuniailah kami dengan taufik, hidayah dan inayah-Mu, agar bangsa Indonesia mampu bersaing di alam yang semakin mendunia ini demi kesejahteraan bangsa kami di masa depan.

Ya Allah Yang Maha Bijaksan! Dengan semakin derasnya arus informasi, serta efek negatif dari era globalisasi, pasti banyak pengaruh yang merasuk kedalam hati kami. Maka melalui sifat-Mu Yang Bijak kami memohon; sinatrilah jiwa kami dengan Nur cahaya-Mu Yang Maha Cemerlang, sebagaimana Engkau telah menyinari bumi dengan sinar matahari-Mu, agar kami tidak terjerumus dalam kekeliruan yang nista dan nestapa.

Perlihatkan kepada kami, Ya Allah! Bahwa yang benar itu benar, dan berilah kami kemampuan untuk melaksanakan kebenaran tersebut. Perlihatkan pula kepada kami bahwa yang batil itu batil adanya, serta berilah kemapuan untuk menghindari kebatilan tersebut.

Ya Allah! Dalam mengarungi kehidupan yang berliku-liku, terjal dan penuh dengan kerikil-kerikil tajam, kami awam terhadap jalan yang harus ditempuh itu. Maka melalui sifat-Mu Yang Maha ‘Alim dan Khobir, kami memohon; tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus, jalan-jalan yang telah Kau tempatkan dalam kenikmatan, dan bukan jalan orang-orang yang teraniaya dan tersesat; serta bimbinglah putra-putri kami, peserta didik kami, agar merka menjadi penerus bangsa yang tangguh dan handal.

 

Ya Allah Yang Maha Pengampun! Kami menyadari, bahwa selama kami berkiprah dalam kehidupan di alam fana ini, pasti kami melakukan kekhilafan, kealpaan, dan kesalahan. Maka melalui sifat-Mu Yang Maha Pengampun, kami memohon; ampunilah kekhilafan kami, ampunilah kealpaan kami; ampunilah kesalahan guru-guru kami, ampunilah para pemimpin kami, ampunilah kedua orangtua kami, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kami sejak masa kami dalam kasih sayang mereka.

 

Robbana hablana min azwajina, wadzuriyatina qurrota ‘ayunin;

Waj ‘alna lil muttaqina amama.

Robbana atina fiddunya hasanah, wafil akhiroti hasanah, waqina ‘adzabanar.

Subhana Robbika Izzati ‘Amna yasifun, Wassallamu ala Mursalim,

Walhamdulillahi Robbil ‘Alamin.

Amin Ya Robbal ‘Alamin.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Leave a Reply