Home / Doa sumpah pemuda 2010

Doa sumpah pemuda 2010

DO’A

PADA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-82

28 OKTOBER 2010

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدَ النَّاعِمِيْن  حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ
حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئ ُمَزِيْدَهُ  يَارَبَّنَا لَكَ الحَْمْدُ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ   وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ  وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

 

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

Saat ini kami berhimpun untuk memperingati hari  bersejarah dalam rangkaian panjang perjuangan bangsa kami, Hari Sumpah Pemuda. Di saat itu para pemuda mengumandangkan  ikrar persatuan ke seluruh penjuru tanah air Indonesia. Saat ini kami berupaya menumbuh suburkan sikap kepahlawanan mereka dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-82 tahun 2010, seraya berserah diri kepada Mu wahai Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

 

Ya Allah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana,

Demi orang-orang yang bermunajat meminta kepada Mu, Demi orang-orang yang bersemangat menuju keridhoan Mu, demi berjuta telapak tangan yang telah terangkat bermunajat kepada Mu, yang merupakan Munajat Terluhur dari seluruh Munajat Hamba Mu di Kerajaan Alam Semesta, bebaskan kami dari segala kesempitan.., bebaskan kami dari dasar samudera kesulitan yang membuat kami tenggelam dan buta dari kegembiraan, yang membuat kami ditelan oleh dosa yang penuh dengan busuknya bangkai kehinaan dalam keadaan Lumpuh dari harapan, kamilah hamba yang merangkak diperut dosa.., ditenggelamkan ke dasar Samudera kesulitan? memanggil manggil Nama Agung Mu.. memanggil manggil satu satunya gerbang harapan bagi para pendosa.. selamatkan kami dari segala kesulitan.

 

Ya Allah yang Maha Perkasa,

Perbaiki hubungan antar kami, Rukunkan antar hati kami, tunjuki kami jalan keselamatan. Selamatkan kami dari kegelapan kepada cahaya petunjuk-Mu, jadikan kami pemuda yang menghormati orang tua dan orang tua yang menyayangi pemuda, Jangan Engkau tanamkan dihati kami kesombongan dan kekasaran terhadap sesama anak bangsa, Bersihkan hati kami dari benih-benih perpecahan, pengkhianatan dan kedengkian.

 

Wahai Penggenggam Jiwa, Pelembut Hati,

Eratkan tali persaudaraan diantara kami sehingga setiap perkumpulan kami menjadi sinergi positif yang menghasilkan kekuatan dasyat dalam membangun kemaslahatan bagi umat manusia.  Jauhkan kami dari sifat iri, dengki, dan mementingkan diri sendiri serta perangai yang tidak terpuji.

 

Ya Allah Yang Maha Pengampun,

Ampuni kesalahan kami kepada orang tua kami, Engkaulah yang maha tahu luka dihati-Nya, Engkaulah yang maha tahu remuk redam perasaan-Nya, Ampuni segala kesalahan kami kepada orang tua kami ya Allah, golongkan kami menjadi orang yang dimaafkan oleh orang tua dan menjadi pemuda yang tahu balas budi, Ya Allah ampuni kesalahan kami terhadap para Pemimpin bangsa ini, kepada guru-guru kami, kepada orang-orang yang berbuat baik kepada kami, Ya Allah ampuni kesalahan kami terhadap bangsa dan negara ini, karena kami yakin, kami belum banyak berbuat untuk kemajuan bangsa ini

 

Ya Allah Yang Maha Mengabulkan Do’a,

Karuniakanlah kepada pemuda dan seluruh anak bangsa kami keimanan dan ketaqwaan yang sempurna sehingga menjadi generasi yang memiliki karakter dan jiwa kepahlawanan.  Bimbinglah para pemuda dan seluruh anak bangsa dan Negara ini sesuai dengan cita-cita pendahulu kami untuk menjadikan negara dan bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera.

Maha Suci Engkau Wahai Penyingkap kegelapan malam dan membuatnya terang benderang, beribu hati gelap dan pekat telah pula Engkau singkapkan kesedihan mereka dengan mengabulkan doa hingga hati gelap dan kelam itu berubah menajdi terang benderang dengan kegembiraan oleh Matahari Keluhuran-Mu, Engkau simpan rahasia kelembutan-Mu, Engkau Maha Siap mengulurkan jari-jari takdir kelembutan yang memutus rantai-rantai takdir-Mu yang mencekik dan menghanguskan sanubari ini dengan Munajat dan Do’a kami.

 

Ya Allah kabulkanlah Do’a kami, amin ya robbal’alamin. 

 

 

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ مَعَ اْلأَبْرَارِ، يَاعَزِيْزُ يَاغَفَّارُ يَارَبَّ الْعَالَمِين، وَصَلَّى اللهُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِين.

 

 

 

 

Leave a Reply