Home / Humas / Menag RI Buka KSM dan Aksioma II di Malang
KSM Aksioma
Pembukaan KSM - Aksioma di Stadion Gajayana Malang

Menag RI Buka KSM dan Aksioma II di Malang

Selasa, 5/11/2013, ribuan siswa madrasah dari seluruh penjuru Tanah Air membanjiri Kota Malang, untuk menghadiri pembukaan dan menyukseskan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Komptisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) 2013 yang digelar di kota pendidikan tersebut.

Prof Dr M Nurcholis Setiawan, Direktur Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan jumlahnya siswa madrasah yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 15 ribuan dan mewakili 33 provinsi di Indonesia.

“Mereka yang dikirim pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ini sudah terseleksi di provinsi masing-masing, sehingga mereka ini mewakili provinsinya,” jelasnya disela-sela persiapan pembukaan KSM dan Aksioma di Stadion Gajayana Malang.KSM dan Aksioma adalah yang kedua, sebelumnya diselenggarakan di Bandung. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari sejak 5 hingga 9 November 2013. Perhelatan akbar antar siswa madrasah ini adalah agenda tahunan sebagai Wahana bagi siswa-siswi madrasah dalam mengembangkan bakat dan minat serta kemampuan akademiknya. 

Dirjen Pendis Kemenag berharap, ajang adu kemampuan di bidang akademik maupun nonakademik tersebut bisa memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah untuk berprestasi sesuai kemampuan dan bidangnya masing-masing.

Hampir semua cabang olaghraga yang dipertandingkan dalam Aksioma, mulai dari atletik hingga tenis meja dan bulutangkis. Sedangkan bidang seni yang akan dilombakan di antaranya adalah kaligrafi, MTQ, pidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta band.Kompetisi yang dikemas dalam Aksioma tersebut, seluruh kegiatannya terbagi dalam 3 tempat yakni olahraga atletik dipusatkan di Satdion Gajayana sedangkan Tenis Meja dan Bulutangkis di Gedung Unggul Karanglo. Sedangkan KSM dipusatkan di UIN Maliki.

 

Bidang akadamik (mata pelajaran) yang dipertandingkan dalam KSM tersebut tidak sama antara madrasah ibtidaiyah, madr asah tsanawiyah dan madrasah aliyah.Untuk madrasah Ibtidaiyay (MI) mata pelajaran yang pertandingkan adalah matematika dan IPA.

 

Sementara untuk madrasah tsanawiyah (MTs) bidang studi matematika, biologi dan fisika, sedangkan madrasah aliyah (MA) adalah matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi, dan geografi.”Kompetisi sains ini bertujuan untuk memotivasi siswa madrasah agar terus meningkatkan kemampuan intelektualnya, bahkan bisa melahirkan siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik,” ucapnya.KSM dan Aksioma yang dipusatkan di Stadion Gajayana itu akan dibuka oleh Menteri Agama Suryadharma Ali didamping Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf serta Wali Kota Malang Moch Anton. (BHN)

 

Check Also

KH Masjkur, Sang Pahlawan Nasional Mantan Menteri Agama

Penganugerahan  KH Masjkur menjadi Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2019 merupakan kebahagiaan …

Rakor Persiapan HAB Kemenag ke 74

(Humas-Kota) Selasa, 08/10/2019, bertempat di ruangan Mini Hall kantor kementerian Agama Kota Malang pukul 8.30, …

Pembinaan Peningkatan Kompetensi Kepenghuluan pada KUA Kecamatan se-Kota Malang

Kamis 26 Sept 2019 – (Humas) Bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Malang pada jam …

80 ASN lingkup Kemenag Kota Malang mengikuti kegiatan Bimtek Implementasi Reformasi Birokrasi

(Humas Kota Malang) Senin 23/9 – bertempat di Aula MAN 1 Kota Malang, 80 ASN …