Home / SAMBUTAN DAN PENGARAHAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA RAT KPRI “BASIS” KANKEMENAG KOTA MALANG KAMIS, 04OKTOBER 2012

SAMBUTAN DAN PENGARAHAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA RAT KPRI “BASIS” KANKEMENAG KOTA MALANG KAMIS, 04OKTOBER 2012

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

 

  1. YTH. KEPALA DINAS KOPERASI & UKM PEMKOT MALANG
  2. YSH. PARA PEJABAT STRUKTURAL KANKEMENAG KOTA MALANG
  3. YSH. PARA ANGGOTA DAN SEGENAP PENGURUS SERTA PENGAWAS DAN PESERTA RAT KOPERASI BASIS KANKEMENAG KOTA MALANG

 

MENGAWALI SAMBUTAN SAYA, MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADAPAN ILLAHIROBBI – TUHAN YANG MAHA ESA, YANG TELAH BERKENANA MELIMPAHKAN RAHMATNYA KEPADA KITA SEMUA, SEHINGGA DAPAT BERKUMPUL BERSAMA DALAM KEADAAN SEHAT UNTUK MENGIKUTI SALAH SATU AMANAT PENTING DALAM KEHIDUPAN BERKOPOERASI SEBAGAIMANA DIAMANATKAN DALAM UU NO. 25/1992 sl. 30 AYAT 1 (b) SERTA AD KPRI “BASIS” Psl. 20 AYAT 1 (b) YAITU SEBELUM AKHIR TAHUN BUKU WAJIB MENGAJUKAN RENCANA KERJA & RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN & BELANJA TAHUN (RK-RAPB) TAHUN BERIKUTNYA.
HADIRIN SEKALIAN YANG SAYA HORMATI,

PERTAMA-TAMA SAYA MEMBERIKAN APRESIASI YANG SETINGGI – TINGGINYA KEPADA PENGURUS, PENGAWAS DAN MANAJEMEN KOPERASI KPRI “BASIS”, YANG TELAH DAPAT MELAKSANAKAN RAPAT ANGGOTA UNTUK MEMBAHAS RK-RAPB PADA HARI INI, UNTUK PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS TAHUN BUKU 2012, INI MERUPAKAN SALAH SATU BUKTI KEMAMPUAN PENGURUS DALAM MENGEMBAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWABNYA, MUDAH-MUDAHAN HAL INI DAPAT TERUS DIPERTAHANKAN DITAHUN-TAHUN YANG AKAN DATANG.
HADIRIN SEKALIAN YANG SAYA HORMATI :

 

SAYA MENYAMBUT GEMBIRA MELALUI FORUM INI, SAUDARA-SAUDARA DAPAT MENGADAKAN EVALUASI BERSAMA ATAS TUGAS DAN KEWAJIBAN PERANGKAT ORGANISASI KPRI “BASIS” KANKEMENAG KOTA MALANG.
ADA 2 HAL POKOK YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) HARI INI YAITU :
1. SEBERAPA JAUH TUGAS DAN KEWAJIBAN PENGURUS TELAH DIJALANKAN SESUAI PROGRAM KERJA YANG TELAH DITETAPKAN, DAN SEBERAPA BANYAK ANGGOTA YANG MERASAKAN MANFAAT USAHA KOPERASI, SERTA EFEKTIFITAS PENGENDALIAN DAN PENGAWAS.
2. MELALUI FORUM INI USUL ANGGOTA SERTA MASUKAN PIHAK TERKAIT LAINNYA DAPAT DISAMPAIKAN UNTUK MENYUSUN PROGRAM KERJA TAHUN 2013, TENTU DENGAN MEMPERHATIKAN POTENSI, KEMAMPUAN INTERNAL-EKSTERNAL, SERTA UPAYA MENEKAN KELEMAHAN YANG ADA.
SELANJUTNYA DARI PROGRAM KERJA ATAU KESEPAKATAN BERSAMA TERSEBUT, ADALAH WAJIB BAGI SELURUH ANGGOTA UNTUK BERPERAN AKTIF DAN MENDUKUNG SEMUA KEGIATAN ORGANISASI DAN USAHA YANG DITAWARKAN KOPERASI, KARENA MERUPAKAN KEWAJIBAN YANG DIAMANATKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 1992 TENTANG PERKOPERASIAN DAN ANGGARAN DASAR KOPERASI KARENA MENYANGKUT MASA DEPAN KOPERASI KPRI-BASIS.
HADIRIN YANG SAYA HORMATI:

 

SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BERSAMA KRISIS EKONOMI GLOBAL YANG MELANDA SELURUH NEGARA DI DUNIA, TERMASUK JUGA INDONESIA DAMPAKNYA DIBIDANG EKONOMI SANGAT DIRASAKAN, TERJADI PHK BESAR-BESARAN DI PERUSAHAAN-PERUSAHAAN, OTOMATIS PENGANGGURAN SEMAKIN MENINGKAT HAL INI TENTUNYA AKAN MENGGANGGU STABILITAS DIBIDANG EKONOMI. DISAAT EKONOMI MULAI TERPURUK, NAMPAKNYA BANYAK KOPERASI SEBAGAI WADAH EKONOMI RAKYAT SAMPAI SAAT SEKARANG MASIH DAPAT BERTAHAN BAHKAN JUMLAH KOPERASI TERUS MENGALAMI PENINGKATAN.
GERAKAN KOPERASI SEBAGAI PELAKU BISNIS HENDAKNYA LENTUR DAN TAHAN UJI TERHADAP DAMPAK YANG DIAKIBATKAN DAN KRISIS EKONOMI GLOBAL SERTA HARUS MAMPU BESAING DENGAN BADAN USAHA LAINNYA.
HAL INI AKAN DAPAT DILAKUKAN APABILA GERAKAN KOPERASI MAMPU BERADAPTASI TERHADAP SEGALA PERUBAHAN YANG TERJADI, SEHINGGA AKAN SEMAKIN BERKEMBANG DAN MAJU.
KOPERASI BISA KUAT KARENA DUKUNGAN PENUH ANGGOTA DAN JALINAN KERJASAMA KEMITRAAN YANG MEREKA BANGUN. SEBALIKNYA BAGI KOPERASI YANG MENGABAIKAN KEPENTINGAN ANGGOTA, TIDAK CEPAT MERESPON PERUBAHJAN LINGKUNGAN MAKA SECARA PERLAHAN KOPERASI TERSEBUT CENDERUNG STAGMAN, ATAU CENDERUNG MAKIN MENURUN DAN BAHKAN DITINGGALKAN PANGSA PASARNYA YAKNI ANGGOTA.
KITA SEMUA TAHU BAHWA MAJU MUNDURNYA SUATU KOPERASI TERGANTUNG PADA TINGKAT PARTISIPASI ANGGOTA, OLEH KARENA ITU BAGAIMANA KOPERASI TERSEBUT DAPAT MEMBERIKAN JASA PELAYANAN YANG TERBAIK BAGI ANGGOTANYA DENGAN MENGAKOMODIR APA YANG MENJADI KEBUTUHAN ANGGOTA.
HADIRIN SEKALIAN YANG SAYA HORMATI “

 

AKHIRNYA SAYA SAMPAIKAN SELAMAT MELAKSANAKAN RAT TAHUN BUKU 2013, SEMOGA ALLAH SWT, MEMBERIKAN PETUNJUK DAN KEKUATAN KEPADA KITA SEKALIAN SEHINGGA TUGAS DAN KEWAJIBAN DAPAT KITA LAKSANAKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.
SEKIAN SAMBUTAN INI ATAS PERHATIAN SAUDAR-SAUDARA KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH.
WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

PLT. KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG

DRS. H. ABD. MANAN ZAKARIA, MM

NIP. 195703081981031003

 

Leave a Reply