Home / SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA KEGIATAN TEMU KONSULTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN WAKAF BAGI PEJABATPERWAKAFAN DAERAH TAH UN 2012 DI GRAND PALASE HOTEL, 21 – 23 OKTOBER 2012

SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA KEGIATAN TEMU KONSULTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN WAKAF BAGI PEJABATPERWAKAFAN DAERAH TAH UN 2012 DI GRAND PALASE HOTEL, 21 – 23 OKTOBER 2012

ASSALAMU’ALIKUM WR. WB.

YANG KAMI HORMATI :

DIREKTUR PEMBERDAYAAN WAKAF PADA DITJEN BIMAS ISLAM KEMENAG RI

YANG KAMI HORMATI

SEGENAP PANITIA DAN PESERTA YANG DIRAHMATI ALLAH,

 

PERTAMA-TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA KUASA, ATAS SEGALA NIKMAT DAN KARUNIA-NYA YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA KITA SEMUA, HINGGA KITA PADA SORE HARI INI DAPAT MENGIKUTI ACARA PEMBUKAAN TEMU KONSULTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN WAKAF BAGI PEJABATPERWAKAFAN DAERAHDI GRAND PALASE HOTEL KOTA MALANG.

SALAWAT DAN SALAM KITA CURAHKAN KEPADA JUNJUNGAN KITA, NABI BESAR MUHAMMAD SAW, BESERTA KELUARGA, PARA SAHABAT DAN PARA PENGIKUT SETIANYA SAMPAI AKHIR ZAMAN YANG TELAH MEMBIMBING KITA DARI ALAM KEGELAPAN MENUJU ALAM TERANG BENDERANG.

SAUDARA-SAUDARA YANG KAMI HORMATI

PERTAMA – TAMA DALAM KESEMPATAN YANG BAIK INI, SAYA MENYAMPAIKAN SELAMAT DATANG DI BUMI AREMA MUDAH-MUDAHAN KEDATANGAN SAUDARA-SAUDARA DI KOTA MALANG INI YANG SAAT INI CUACA LAGI DINGIN TIDAK MENJADI PENGHAMBAT KITA DALAM MENANGANI DAN MENGURUSI KEMASLAHATAN BAGI UMAT.

YANG KEDUA, SAYA ATAS NAMA MEWAKILI KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG YANG TIDAK DAPAT HADIR DITENGAH-TENGAH KITA PADA ACARA PEMBUKAAN INI DIKARENAKAN   BELIAU PADA SAAT INI JUGA ADA KEGIATAN YANG BERSAMAAN.NAMUN DEMIKIAN BPK. KEPALA KANTOR MENYAMPAIKAN SALAM HORMAT KEPADA SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN DAN SAYA DITUGASI UNTUK MEMBACAKAN NASKA SAMBUTAN BELIAU SEKALIGUS MEMBUKA ACARA PADA SORE HARI INI.

 

BAIKLAH AKAN KAMI BACAKAN SAMBUTAN BPK. KEPALA KANTOR KEMENAG KOTA MALANG SBB :

 

ASSALAMU’ALIKUM WR. WB.

YANG KAMI HORMATI :

DIREKTUR PEMBERDAYAAN WAKAF PADA DITJEN BIMAS ISLAM KEMENAG RI

YANG KAMI HORMATI

BAPAK/IBU NARASUMBER TEMU KONSULTASI PERWAKAFAN

YANG KAMI HORMATI

SEGENAP PANITIA DAN PESERTA YANG DIRAHMATI ALLAH,

PUJA DAN PUJI SYUKUR MARILAH KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMATNYA. KITA PADA SORE HARI INI DAPAT HADIR, BERTEMU MUKA DI TEMPAT INI DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT.

SHALAWAT SERTA SALAM SEMOGA SENANTIASA TERCURAH BAGI JUNJUNGAN KITA NABI MUHAMMAD SAW, BESERTA KELUARGA , SAHABAT DAN PENGIKUT SETIANYA HINGGA AKHIR JAMAN.

SAUDARA-SAUDARA YANG SAYA HORMATI

SEJAK DIUNDANGKANNYA UU NO. 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF DI INDONESIA, KHUSUSNYA JAWA TIMUR BELUM MENUNJUKKAN HASIL YANG MEMBANGGAKAN KARENA SECARA UMUM PENGELOLAAN WAKAF BELUM MAMPU MENJAWAB PROBLEM UMAT KHUSUSNYA PENINGKATAN PEMANFAATAN TANAH WAKAF SEBAGAIMANA DIAMANAHKAN OLEH WAKIF. UNTUK DAPAT MELAKUKAN SEBUAH PERUBAHAN DALAM PENGELOLAAN WAKAF TERKAIT DENGAN SEGALA POTENSI DAN MASALAH YANG ADA, MAKA DIPERLUKAN SEPERANGKAT TATA NILAIYANG MENJADI KESAMAAN PANDANG DAN SEKALIGUS MEMICU ETOS KERJA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLA WAKAF KHUSUSNYA DI JAWA TIMUR. ADA FORMULASI LIMA 5 KATA KUNCI SESUAI DENGAN VISI KEMENTERIAN AGAMA YANG MENJADI BANGUNAN TATA NILAI PENGELOLAAN WAKAF OLEH PENGELOLA WAKAF (NADZIR) YAITU:

  1. SHIDDIQ/ JUJUR BERARTI JUJUR DALAM PERKATAAN, SIKAP DAN PERBUATAN.
  2. AMANAH/PROFESSIONAL: DAPAT DIMAKNAI PROFESIONALITAS DALAM MEMEGANG TEGUH KEPERCAYAAN DAN TANGGUNG JAWAB YANG DI BERIKAN WAKIF DALAM PENGELOLAAN WAKAF.
  3. TABLIGH/INFORMATIF: DIARTIKAN DENGAN MENYAMPAIKAN DAN MENUNAIKAN SEMUA YANG MENJADI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGELOLA WAKAF KHUSUSNYA SENANTIASA MEMBERIKAN BIMBINGAN BERUPA PENGAJARAN, PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN WAKAF DI MASYARAKAT.
  4. FATHANAH/ CERDAS : DIARTIKAN CERDAS INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN PROFESSIONAL SEHINGGA SELURUH KEPUTUSAN DAN KEBIJAKAN YANG DIAMBIL DALAM PENGELOLAHAN WAKAF AKAN TEPAT SASARAN, TEPAT WAKTU DAN TEPAT GUNA.
  5. IKHLAS : DIARTIKAN DENGAN KEJUJURAN DAN KETULUSAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN KEWAJIBAN SEBAGAI PENGELOLA WAKAF.KEIKHLASAN INI DIHARAPKAN DAPAT SENANTIASA MENJIWAI SELURUH AKTIFITAS PENGELOLA WAKAF.

SELANJUTNYA BERLANDASKAN TATA NILAI TERSEBUT DALAM RANGKA OPTIMALISASI MANAJEMEN PENGELOLAHAN WAKAF, PERLU PENYUSUNAN ARAH KEBIJAKAN DAN STRATEGI DI BIDANG PENGELOLAAN WAKAF, YAITU :

  1. PENINGKATAN MUTU PELAYANAN DAN PENGELOLAAN WAKAF.
  2. PENINGKATAN KUALITAS LEMBAGA PENGELOLA WAKAF. MELALUI PEMBERIAN BANTUAN OPERASIONAL KELEMBAGAAN, PENINGKATAN KUALITAS TENAGA PENGELOLA DAN PENGEMBANGAN JARINGAN.
  3. MENGEMBANGKAN SYSTEM INFORMASI LEMBAGA PENGELOLA WAKAF (PEMANFAATAN IT) DALAM RANGKA PENGUATAN JARINGAN DAN AKSES INFORMASI YANG LEBIH LUAS.

SELANJUTNYA DALAM UPAYA INTENTIFIKASI DAN OPTIMALISASI PENGELOLAAN WAKAF KHUSUSNYA TANAH WAKAF YANG BELUM BERSERTIFIKAT PERLU DILAKUKAN LANGKAH- LANGKAH SERIUS DAN INI MENJADI PERMASALAHAN YANG SAMA DIHAMPIR SEMUA DAERAH MENGINGAT MASIH BANYAK DITEMUI BERBAGAI MACAM PERMASALAHAN YANG SAMPAI SAAT INI PERLU SEGERA DILAKUKAN LANGKAH-LANGKAH PENYELESAIAN YANG TEPAT SASARAN. OLEH KARENA ITU KIRANYA TEPAT PADA HARI INI KITA DAPAT MENYELENGGARAKAN TEMU KONSULTASI DIHARAPKAN DARI PERTEMUAN INI ADALAH KITA DAPAT UNTUK MELAKUKAN KOORDINASI DAN MENSINERGISKAN LANGKAH DAN KEBIJAKAN DALAM RANGKA MENDORONG SERTA MENGOPTIMALKAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN TANAH WAKAF SERTA PENGELOLA TANAH WAKAF ITU SENDIRI. DAN MELALUI PERTEMUAN KONSULTASI INI DIHARAPKAN :

  1. UPAYA PENINGKATAN SIKAP DAN SEMANGAT PENGABDIAN YANG BERORIENTASI PADA KEPENTINGAN MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA.
  2. EFEKTIFITAS DAN KUALITAS PELAKSANAAN TUGAS YANG DILAKUKAN DENGAN SEMANGAT KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SESUAI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MASING-MASING.

KIRANYA DEMIKIANLAH HAL-HAL PENTING YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN DALAM KESEMPATAN INI SEBAGAI SALAH SATU IKHTIAR KITA UNTUK MEMAJUKAN PENGELOLAAN PERWAKAFAN DEMIKIANLAH, DENGAN MENGUCAP BISMILLAHIRROMANIRROHIM KEGIATAN TEMU KONSULTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN WAKAF BAGI PEJABATPERWAKAFAN DAERAHTAHUN 2012 SECARA RESMI KAMI NYATAKAN DI BUKA DAN DIMULAI.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

WASSALAMU’ALAIKUM. W

Leave a Reply