Home / SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA PEMBINAAN PEGAWAI OLEH KAKANWIL KEMENAG PROV. JATIM DALAM RANGKA PERINGATAN HARI AMAL BHAKTI (HAB) KEMENTERIAN AGAMA KE-66 TAHUN 2012 TANGGAL 18 JANUARI 2012

SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA PEMBINAAN PEGAWAI OLEH KAKANWIL KEMENAG PROV. JATIM DALAM RANGKA PERINGATAN HARI AMAL BHAKTI (HAB) KEMENTERIAN AGAMA KE-66 TAHUN 2012 TANGGAL 18 JANUARI 2012

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA.

 

  1. YTH. KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROV. JAWA TIMUR (Bpk. Drs. H. Sudjak. M.Ag)
  2. YANG KAMI HORMATI PARA PEJABAT STRUKTURAL DAN FUNGSIONAL PADA JAJARAN KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG
  3. HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA,

 

SEGALA PUJI BAGI ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA, YANG TELAH MENGANUGERAHKAN BERBAGAI KENIKMATAN DAN KESEMPATAN KEPADA KITA SEMUA. PADA HARI INI, KITA BERSAMA-SAMA DAPAT MENGHADIRI ACARA PEMBINAAN PEGAWAI SEBAGAI AKHIR DARI SELURUH RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN HARI AMAL BHAKTI KEMENTERIAN AGAMA KE-66 TAHUN 2012.

SEBAGAI BENTUK UNGKAPAN RASA SYUKUR KITA SEMUA ATAS USIA KEMENTERIAN AGAMA YANG TELAH MENCAPAI 66 TAHUN SEJAK BERDIRINYA, TANGGAL 3 JANUARI 1946. ENAM PULUH ENAM TAHUN ADALAH USIA YANG TIDAK MUDA LAGI MENURUT UKURAN MANUSIA. TETAPI SEBAGAI ORGANISASI BESAR SEPERTI KEMENTERIAN AGAMA, USIA TERSEBUT SETIDAKNYA MENUNJUKKAN KEMATANGAN EKSISTENSI DI TENGAH HIRUK-PIKUK PEMBANGUNAN DAN MENINGKATNYA BERBAGAI PERMASALAHAN DAN TANTANGAN YANG SEDANG DIHADAPI SAAT INI. KITA SELALU BERDOA DAN BEKERJA KERAS SEMOGA KEMENTERIAN AGAMA SENANTIASA MAMPU MENINGKATKAN EKSISTENSINYA DALAM MENGAWAL PERJALANAN BANGSA INI MENJADI BANGSA YANG BESAR, RELIGIUS, BERKEADILAN, BERKEMAKMURAN, DAN BERKESEJAHTERAAN, SERTA DIRIDLOI OLEH ALLAH SUBHANAHU WATA ‘ALA.

HADIRIN DAN HADIRAT YANG SAYA HORMATI,

PADA KESEMPATAN INI KAMI MENYAMPAIKAN UCAPAN SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH YANG SEDALAM-DALAMNYA KEPADA BAPAK KAKANWIL YANG BERKENAN HADIR MEMENUHI UNDANGAN KAMI UNTUK MEMBERIKAN PEMBINAAN KEPADA PEGAWAI DIJAJARAN KEMENAG KOTA MALANG, SEMOGA INI MENJADI PENYEMANGAT DALAM MENJALANKAN TUGAS SERTA KEWAJIBAN SEBAGAI APARATUR PEMERNTAH.

DAN DAPAT KAMI LAPORKAN KEPADA BAPAK KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR BAHWA KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG SECARA INTENSIF TERUS MELAKUKAN BERBAGAI USAHA PENINGKATAN PROGRAM PEMBANGUNAN AGAMA YANG MELIPUTI :

  1. PENINGKATAN KUALITAS PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AGAMA,
  2. PENINGKATAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA,
  3. PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN,
  4. DAN PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI. PADA SAAT YANG SAMA, SECARA INTERNAL KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG JUGA TERUS BERUPAYA MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH PENINGKATAN PRESTASI DAN PEMBENAHAN DI SEGALA BIDANG MELALUI TATA KELOLA MANAJEMEN ADMINISTRASI DAN BIROKRASI YANG DIARAHKAN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI, EFEKTIVITAS DAN AKUNTABILITAS PELAKSANAAN KEBIJAKAN DAN PROGRAM MENUJU OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP).

DALAM USAHA MENINGKATKAN KUALITAS PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AGAMA, KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG TERUS MELAKUKAN UPAYA PEMBINAAN UMAT BERAGAMA MELALUI :

  1. PEMBERDAYAAN PARA PENYULUH AGAMA
  2. PEMBERDAYAAN RUMAH IBADAT, PERINGATAN ACARA-ACARA KEAGAMAAN DI BERBAGAI TINGKATAN, PENYEDIAAN KITAB-KITAB SUCI, DAN BERBAGAI PENINGKATAN PELAYANAN KEAGAMAAN LAINNYA. BERBAGAI UPAYA ITU TELAH MENUJUKKAN HASIL, ANTARA LAIN DENGAN MENINGKATNYA KESEMARAKAN KEHIDUPAN KEAGAMAAN DI SETIAP KELOMPOK AGAMA DAN SEMAKIN TUMBUHNYA SIKAP KEBERAGAMAAN UMAT YANG SEMAKIN DEWASA.
  3. PENINGKATAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DILAKUKAN MELALUI UPAYA BERSAMA DENGAN MUI, ORMAS KEAGAMAAN, FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA SERTA PARA PEMUKA AGAMA DALAM BERBAGAI BENTUK KEGIATAN, ANTARA LAIN, PENYUSUNAN DAN SOSIALISASI PERATURAN BERSAMA MENTERI AGAMA DAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 9 DAN 8 TAHUN 2006, PEMBENTUKAN DAN PEMBERDAYAAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA, UPAYA-UPAYA TERSEBUT DAPAT DIRASAKAN HASILNYA ANTARA LAIN DENGAN MAKIN KURANGNYA KONFLIK BERNUANSA AGAMA, MENINGKATNYA KEHARMONISAN HUBUNGAN UMAT BERAGAMA DAN BERKEMBANGNYA KERJASAMA SOSIAL DI ANTARA KELOMPOK-KELOMPOK AGAMA.

 

PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN DI KOTA MALANG DILAKUKAN DENGAN MENCANANGKAN TIGA PILAR KEBIJAKAN YAITU :

 

  1. MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SERTA PRESTASI AKADEMIK MAUPUN NON AKADEMIK.

DAPAT KAMI SAMPAIKAN DAN INFORMASIKAN PEROLEHAN PRESTASI YANG MEMBANGGAKAN YANG DICAPAI OLEH GURU, SISWA DAN LEMBAGA PENDIDIKAN UNTUK PRESTASI MULAI TINGKAT KABUPATEN/KOTA, PROVINSI, NASIONAL BAHKAN INTERNASIONAL SEPANJANG TAHUN 2011 SEBANYAK 149 PRESTASI DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT :

 

  1. MIN MALANG 1   = 66 PRETASI
  2. MIN MALANG 2   =  8 PRESTASI
  3. MTsN MALANG 1 = 25 PRESTASI
  4. MTsN MALANG 2 = BELUM ADA
  5. MAN MALANG 1 = 28 PRESTASI
  6. MAN MALANG 3 = 22 PRESTASI

 

JUGA KAMI INFORMASIKAN KEPADA BAPAK KAKANWIL BAHWA KEMARIN PADA KEGIATAN UPACARA HAB KEMENAG RI DI JAKARTA 2 ORANG SISWA KAMI DIUNDANG SECARA KHUSUS PADA KEGIATAN TERSEBUT, UNTUK MENERIMA PENGHARGAAN LANGSUNG DARI MENAG KARENA PRESTASINYA DI AJANG INTERNASIONAL MASING-MASING NAMA :

  1. NABILA OKTAVIOLA ROSANTI, SISWI MIN MALANG 1 PERAIH MEDALI PADA AJANG INTERNASIONAL MATEMATIC CONTES DI SINGAPURA
  2. AULIA, SISWI MTsN MALANG 1 PERAIH MEDALI PADA AJANG GLOBAL ART INTERNASIONAL COMPETISI DI VIETNAM

 

  1. MENINGKATKAN PERHATIAN DAN KEBERPIHAKAN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI KOMUNITAS YANG KURANG MAMPU. MELALUI DANA BADAN AMIL ZAKAT (BAZ) YANG DIKELOLA PENYELENGGARA ZAWA KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG, SEPANJANG TAHUN 2011 INI TELAH DIKELUARKAN DANA BAZ SEJUMLAH RP. 60 (ENAM PULUH JUTA) DITASARUFKAN KEPADA 79 ORANG BAIK DALAM BENTUK DANA BEA SISWA, DANA SANTUNAN BAGI PARA DHUAFA DAN BAGI JANDA PURNA TUGAS KANKEMENAG KOTA MALANG.
  2. PERLAKUAN YANG SAMA TERHADAP PESERTA DIDIK BAIK KEMAMPUAN SECARA FINANCIAL MAUPUN KEMAMPUAN IQ (A’KIU) SERTA INTELEKTUALNYA.

 

PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DIORIENTASIKAN BAGI PELAYANAN JAMAAH YANG NYAMAN, AMAN, TERLINDUNGI, DAN ADIL, MULAI SEJAK PENDAFTARAN, PEMBERANGKATAN, SAMPAI PADA PELAYANAN JAMAAH SAAT KEMBALI. KOTA MALANG DALAM PELAKSANAAN HAJI TAHUN 2011 TIDAK ADA PERMASALAHAN DAN BERJALAN SAKSES INI KARENA DUKUNGAN SEMUA PIHAK DAN JALINAN KERJASAMA YANG BAIK.

 

PADA KESEMPATAN INI JUGA KAMI LAPORKAN JUMLAH LEMBAGA KEPADA BAPAK KAKANWIL BAHWA JUMLAH KELEMBAGAAN KEPENDIDIKAN SEBANYAK 229 LEMBAGA DENGAN RINCIAN SBB :

  1. MADRASAH NEGERI :       6 LEMBAGA
  2. MADRASAH SWASTA:   169 LEMBAGA DENGAN RINCIAN :
  3. RA      : 85
  4. MIS     : 47
  5. MTs     : 25
  6. MA      : 12

 

  1. PONDOK PESANTREN: 65 LEMBAGA
  2. MADRASAH DINIYAH: 158 LEMBAGA

SEDANGKAN KOMPOSISI PEGAWAI DI JAJARAN KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG SEBAGAI BERIKUT :

 

  1. KANTOR KEMENTERIAN AGAMA   : 74 ORANG DENGAN RINCIAN :
  2. PEGAWAI KANTOR                        : 39 ORANG
  3. PENGAWAS PAI                               : 21 ORANG
  4. PENGAWAS KRISTEN                    :  1 ORANG
  5. PENGAWAS KATHOLIK                 :  1 ORANG
  6. PEJABAT FUNGSIONAL

v  PERENCANA 1 ORANG, ANALIS 1 ORANG, HUMAS 2 ORANG

v  PENYULUH FUNGSIONAL      :  7 ORANG

v  FUNGSIONAL BUDHA              :  1 ORANG

 

  1. KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) : 23 ORANG DENGAN RINCIAN :
  2. KECAMATAN KLOJEN                    :    4 ORANG
  3. KECAMATAN LOWOKWARU        :    5 ORANG
  4. KECAMATAN BLIMBING                :    5 ORANG
  5. KECAMATAN SUKUN                     :    4 ORANG
  6. KECAMATAN KEDUNGKANDANG           :    5 ORANG

 

  1. GURU KEMENAG                                  : 131 ORANG

 

  1. MAN MALANG 1            : 60 ORANG DENGAN RINCIAN :
  2. GURU              : 55 ORANG
  3. PEGAWAI       :   5 ORANG

 

  1. MAN MALANG 3: 92 ORANG DENGAN RINCIAN :
  2. GURU              : 63 ORANG
  3. PEGAWAI       : 29 ORANG

 

  1. MTsN MALANG 1 : 69  ORANG DENGAN RINCIAN :
  2. GURU              : 51 ORANG
  3. PEGAWAI       :18 ORANG
  4. MTsN MALANG 2 : 31 ORANG DENGAN RINCIAN :
  5. GURU              : 28 ORANG
  6. PEGAWAI       :   3 ORANG
  7. MIN MALANG 1  : 61 ORANG DENGAN RINCIAN :
  8. GURU              : 57 ORANG
  9. PEGAWAI       : 4 ORANG

 

 

  1. MIN MALANG 2  : 28 ORANG DENGAN RINCIAN :
  2. GURU              : 25 ORANG
  3. PEGAWAI       :   3 ORANG

 

JADI TOTAL KESELURUHANNYA BERJUMLAH : 569   PEGAWAI, DAN SAAT INI KAMI HADIRKAN SELURUHNYA UNTUK MENGIKUTI PEMBINAAN PEGAWAI OLEH BAPAK KAKANWIL.

 

DEMIKIANLAH YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN DAN SELANJUTNYA KAMI MOHON DENGAN HORMAT BAPAK KAKANWIL BERKENAN MEMBERIKAN PEMBINAAN KEPADA PEGAWAI KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG, MUDAH-MUDAHAN SEGALA USAHA KITA DIBERKATI OLEH ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA, TUHAN YANG MAHA ESA. AMIN.

 

WAFFAQONALLAHU WAIYYAKUM.

WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

 

MALANG,   14   JANUARI 2012

KEPALA KANTOR KEMENTARIAN AGAMA KOTA MALANG

DRS. H. ABD. MANAN ZAKARIA, MM

Leave a Reply