Home / SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA PEMBUKAAN PENINGKATAN PROGRAM ANTI KORUPSI DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENAG RI DI HOTEL KARTIKA GRAHA KAMIS, 14 JUNI 2012

SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA PEMBUKAAN PENINGKATAN PROGRAM ANTI KORUPSI DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENAG RI DI HOTEL KARTIKA GRAHA KAMIS, 14 JUNI 2012

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

 

  1. YTH. DIREKTUR PENDIDIKAN MADRASAH PADA DITJEN PENDIS (BPK. PROF. DR. DEDI JUBAIDI, MA)
  2. YKH. PLT. KABAG ORTOLA DAN KEPEGAWAIAN PADA SEKRETARIAT DITJEN PENDIS (BPK. H. MOH. IHSAN FAHMI, M.SI)
  3. YKH. KASUBAG KEPEGAWAIAN PADA SEKRETARIAT DITJEN PENDIS (BPK. DRS. AAN DANIAL MUKHLIS)
  4. YKH. KASUBAG HUKUM DAN PERUNDANGAN PADA SEKRETARIAT DITJEN PENDIS (BPK. DR. AINUR ROVIQ)
  5. YKH. PARA BAPAK DAN IBU NARA SUMBER
  6. YSH. PARA PESERTA SERTA SEGENAP PANITIA YANG SAYA

HORMATI PULA

 

PUJI SYUKUR MARILAH KITA PANJATKAN KE HADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA LIMPAHAN KARUNIA-NYA KEPADA KITA SEMUA, SEHINGGA PADA HARI INI KITA DAPAT MENGHADIRI KEGIATAN PENINGKATAN ANTI KORUPSI DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENAG RI. MELALUI KEGIATAN INI DIHARAPKAN DAPAT MENAMBAH WAWASAN DAN NILAI LEBIH UNTUK KITA WUJUDKAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS KITA SELAKU APARATUR PEMERINTAHAN. DALAM KEGIATAN INI KIRANYA PULA DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI WAHANA UNTUK MENYAMAKAN PERSEPSI DAN LANGKAH KERJA BAGI PENINGKATAN KUALITAS DAN PROFESIONALISME SEBAGAI ABDI NEGARA, ABDI MASYARAKA KHSUSNYA DITATARAN DAN LINGKUNGAN KERJA MASING-MASING.

SELANJUTNYA SALAM DAN SHOLAWAT TETAP KITA HATURKAN KEPADA JUNJUNGAN KITA NABI MUHAMMAD SAW YANG TELAH MEMBIMBING KITA DARI ALAM KEGELAPAN MENUJU ALAM TERANG BENDERANG.

SELANJUTNYA DALAM KESEMPATAN INI SAYA JUGA INGIN MENYAMPAIKAN KEPADA SEGENAP MULAI PANITIA DAN PARA PESERTA UCAPAN SELAMAT DATANG DI BUMI AREMA SEMOGA KEHADIRAN SAUDARA-SAUDARA DIKOTA MALANG INI YANG SEJUK DAN DINGIN INI DAPAT MEMBERIKAN NUANSA HATI DAN PIKIRAN KITA YANG SAMA BAIKNYA PULA.

 

SAUDARA-SAUDARA PESERTA WORKSHOP YANG BERBAHAGIA,

 

 

DINAMIKA KEHIDUPAN KENEGARAAN, KEBANGSAAN, DAN KEMASYARAKATAN SEKARANG INI, MENUNTUT SETIAP APARATUR PEMERINTAHAN, UNTUK MAMPU MENYESUAIKAN DIRI DENGAN PERKEMBANGAN YANG TERJADI. SALAH SATU UPAYA ITU, ADALAH DENGAN MELAKUKAN REFORMASI BIROKRASI. REFORMASI BIROKRASI, PADA TATARAN STRUKTURAL, KITA LAKUKAN MELALUI PENATAAN KEMBALI ORGANISASI PEMERINTAHAN AGAR LEBIH TANGGAP TERHADAP TUNTUTAN KEPENTINGAN MASYARAKAT. SEMENTARA REFORMASI BIROKRASI PADA TATARAN KULTURAL, KITA LAKUKAN MELALUI PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS DAN PENGUATAN ETOS KERJA APARATUR PEMERINTAHAN. REFORMASI BIROKRASI YANG KITA JALANKAN, MERUPAKAN LANGKAH TERENCANA YANG DILAKUKAN PEMERINTAH, UNTUK MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN KINERJA BIROKRASI PEMERINTAHAN KITA. REFORMASI BIROKRASI MENJADI BAGIAN PENTING DALAM MEWUJUDKAN KEPEMERINTAHAN YANG BAIK. TITIK BERAT DARI PEMERINTAHAN YANG BAIK ADALAH PADA UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN PEMBERANTASAN KORUPSI SECARA TERARAH, SISTEMATIS, DAN TERPADU. REFORMASI BIROKRASI, MUSTAHIL AKAN TERWUJUD JIKA TATA PEMERINTAHAN MASIH MEMBERIKAN PELUANG TERHADAP PRAKTIK-PRAKTIK KOLUSI, KORUPSI, DAN NEPOTISME (KKN). SELAIN MEMBERANTAS PRAKTIK KKN, REFORMASI BIROKRASI HARUS KITA JALANKAN DENGAN MENINGKATKAN BUDAYA KERJA. MENINGKATKAN, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN PARA PENYELENGGARA NEGARA TERHADAP PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE. PARA PEGAWAI NEGERI HARUS DIDORONG UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA KERJA YANG EFEKTIF EFISIEN, DAN PROFESIONAL DALAM MELAYANI KEPENTINGAN MASYARAKAT, BANGSA, DAN NEGARA.

 

SAUDARA – SAUDARA PESERTA WORKSHOP YG SAYA HORMATI

 

 

KITA PERNAH MERASAKAN SEDIH, MALU DAN RESAH KETIKA KEMENTERIAN AGAMA YANG KALA ITU BERNAMA DEPARTEMEN AGAMA MEMILIKI CITRA BURUK DIMATA PUBLIK DAN MASYARAKAT YANG DI CAP/STEMPEL SEBAGAI LEMBAGA / KEMENTERIAN YANG TERKORUP. SEBAGAIMANA KITA KETAHUI DALAM KURUNG WAKTU TIGA TAHUN BERTURUT-TURUT YAITU TAHUN 2006 S.D 2008 OPINI LAPORAN KEUANGAN KEMENTERIAN AGAMA MEMPEROLEH OPINI DISCKAIMER ATAU TIDAK MEMBERIKAN PENDAPAT (TMP), DAN PADA DUA TAHUN BERIKUTNYA YAITU TAHUN 2009 S.D 2010 LAPORAN KEUANGAN KEMENTERIAN AGAMA MEMPEROLEH OPINI WAJAR DENGAN PENGECUALIAN (WDP). DAN ALHAMDULILLAH KITA PATUT BERSYUKUR PADA TAHUN INI 2012 IMETS MASYARAKAT YANG NEGATIF ITU DAPAT KITA PERBAIKI / KITA RUBAH DENGAN HASIL PENILAIAN OLEH AUDITOR BPK TERHADAP LAPORAN KEUANGAN KEMENTERIAN AGAMA DENGAN PENCAPAIAN OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP).

OPINI WTP YANG KITA RAIH INI TIDAK BOLEH MEMBUAT KITA TERLENA ATAU BERPUAS DIRI, SEBAB ADA TANTANGAN YANG LEBIH BERAT LAGI UNTUK KITA PERTAHANKAN. TANTANGAN INI YANG HARUS DIJAWAB SECARA TUNTAS, KUNCI JAWABANNYA SUDAH TENTU TERLETAK PADA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK YANG KIAN MEMBAIK, TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BERSIH DAN BERWIBAWA, KERJA EKSTRA KERAS, BERKOMITMEN DAN MEMBANGUN KERJASAMA YANG SOLIT DARI SEMUA PIHAK UNTUK MEWUJUDKAN PERFORMA GOOD GOVERNANCE DAN CLEAN GOVERNANCE.

 

AKHIRNYA, SAYA SAMPAIKAN RASA TERIMA KASIH KEPADA SEGENAP PANITI BESERTA DAN PARA PEMATERINYA ATAS DUKUNGAN DAN KERJASAMA YANG ERAT SELAMA INI. MUDAH-MUDAHAN, APA YANG TELAH TERBANGUN INI DAPAT DITINGKATKAN DI MASA-MASA MENDATANG, DAN INSYAALLAH SEMUA ITU AKAN MEMBERIKAN MANFAAT BAGI DIRI KITA, DALAM RANGKA MENCIPTAKAN APARATUR PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BERKUALITAS.

KIRANYA DEMIKIANLAH HAL – HAL PENTING YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN DALAM KESEMPATAN INI SEBAGAI SALAH SATU IKHTIAR KITA UNTUK MEMAJUKAN PEMERINTAHAN YANG BEBAS DARI KKN. AKHIRNYA DENGAN MENGUCAP BISMILLAHIRROMANIRROHIM KEGIATAN PENINGKATAN ANTI KORUPSI DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENAG RI TAHUN 2012 SECARA RESMI KAMI NYATAKAN DI BUKA DAN DIMULAI.

SEMOGA ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA, TUHAN YANG MAHA PENGASIH MERIDLOI UPAYA KITA SEMUA. AMIN

 

SEKIAN DAN TERIMAKASIH.

 

WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

 

 

MALANG, 14 JUNI 2012

KEPALA KANTOR KEMENTARIAN AGAMA KOTA MALANG

DRS. H. ABD. MANAN ZAKARIA, MM

NIP. 195703081031003

Leave a Reply