Home / SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA “WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA KERJA MADRASAH (RKM) MI KHODIJAH HOTEL SURYA INDAH BATU (Oro-Oro Ombo N0. 202-512288) BATU, 16 – 17 MEI 2011

SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA “WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA KERJA MADRASAH (RKM) MI KHODIJAH HOTEL SURYA INDAH BATU (Oro-Oro Ombo N0. 202-512288) BATU, 16 – 17 MEI 2011

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

1. YSH. SDR. KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH KHODIJAH

BPK. DRS. H. KHUSNUL FATHONI, M.Ag

2. YSH. SDR. KETUA MAJLIS MADRASAH MI KHODIJAH

3. YSH. PARA GURU DAN KARYAWAN SERTA PESERTA

WORKSHOP YANG KAMI BANGGAKAN.

 

PUJI SYUKUR MARILAH KITA PANJATKAN KE HADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA LIMPAHAN KARUNIA-NYA KEPADA KITA SEMUA, SEHINGGA PADA HARI INI KITA DAPAT MENGHADIRI WORKSHOP PENYUSUNAN RKM MADRASAH IBTIDAIYAH KHODIJAH TAHUN 2011. MELALUI KEGIATAN INI DIHARAPKAN DAPAT MEMBAHAS DAN MENYEPAKATI SEJUMLAH AGENDA PENTING UNTUK PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI MI KHODIJAH. DALAM KEGIATAN INI KIRANYA PULA DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI WAHANA UNTUK MENYAMAKAN PERSEPSI DAN LANGKAH KERJA BAGI PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN MADRASAH ITU SENDIRI SEKALIGUS SEBAGAI FORUM PENGGALIAN POTENSI ORGANISASI, PENGUATAN KOMITMEN DAN INTEGRITAS PENGABDIAN KITA TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN. SEHINGGA DARI KEGIATAN INI NANTINYA DAPAT MENGHASILKAN SESUATU YANG SUBSTANTIF, TAJAM, KONKRET DAN TERARAH.

 

SAUDARA-SAUDARA PESERTA WORKSHOP YANG BERBAHAGIA,

 

BAHWA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN BAIK PRESTASI SISWA MAUPUN SDM GURU/PENGAJAR DALAM SUATU MADRASAH MENJADI HAL MUTLAK UNTUK TERUS DIUPAYAKAN, KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA KEDEPAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERUTAMA MADRASAH YANG TIDAK DAPAT MEMENUHI KRITERIA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS LEMBAGA MADRASAH YANG DAPAT DIPERCAYA MASYARAKAT MAKA TENTU AKAN SULIT MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN YANG BAIK DAN PROFESIONAL. UNTUK ITULAH, KITA PATUT BERSYUKUR BAHWA KITA TELAH MEMILIKI PERATURAN PEMERINTAH NO. 55 TAHUN 2007 TENTANG PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN SEBAGAI PAYUNG HUKUM TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN. SEHINGGA PERATURAN PEMERINTAH TERSEBUT DAPAT KITA JADIKAN RUJUKAN DAN SEMANGAT DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS BAGI MASYARAKAT.

SEBAGAIRNANA KITA KETAHUI, BAHWA TUGAS DEPARTEMEN AGAMA DI BIDANG PENDIDIKAN CUKUP BERAT KARENA BANYAKNYA CAKUPAN TUGAS DAN JUMLAH LEMBAGA PENDIDIKAN. SEMENTARA DARI JUMLAH TERSEBUT, MASING-MASING LEMBAGA MEMILIKI TINGKAT PERMASALAHAN YANG BERBEDA-BEDA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN. PADA SAAT YANG SAMA, KITA JUGA DIPERHADAPKAN PADA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI YANG SANGAT MEMPENGARUHI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DENGAN PESAT. BAHKAN KITA JUGA BERHADAPAN DENGAN TUNTUTAN MASYARAKAT AGAR LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN MAMPU MEMBEKALI PESERTA DIDIK DENGAN KOMPETENSI FUNGSIONAL DI TENGAH KETATNYA PERSAINGAN DUNIA KERJA.

UPAYA MENJAWAB BERBAGAI PERMASALAHAN TERSEBUT JELAS MEMBUTUHKAN KERJA KERAS DAN KESANGGUPAN KITA DALAM MENGELOLA SUMBER DAYA YANG ADA, TERMASUK KETERBATASAN ANGGARAN. KITA MEMAKLUMI, BAHWA ANGGARAN UNTUK PENDIDIKAN MASIH TERGOLONG KECIL JIKA DIBANDINGKAN DENGAN JUMLAH LEMBAGA PENDIDIKAN, LUASNYA CAKUPAN SASARAN, DAN KOMPLEKSITAS PERMASALAHAN YANG DIHADAPI. NAMUN, KITA TIDAK PERLU PATAH ARANG ATAU PUTUS SEMANGAT DAN BERSIKAP APATIS. ANGGARAN MINIMAL TERSEBUT JUSTERU HARUS MENJADI TANTANGAN, AGAR KITA LEBIH CERDAS DAN INOVATIF MENENTUKAN PILIHAN PROGRAM DAN KEGIATAN YANG TEPAT SASARAN.

DEMIKIAN BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN. SAYA MENGHARAPKAN AGAR KEGIATAN INI DAPAT DIMANFAATKAN SEBAIK MUNGKIN MENGINGAT SATU TAHUN KE DEPAN MERUPAKAN MASA YANG SANGAT MENENTUKAN. BERFIKIR DAN BERTINDAKLAH SECARA CERMAT AGAR APA YANG KITA HARAPKAN DAPAT TERPENUHI.

AKHIRNYA, DENGAN MEMOHON RAHMAT DAN BIMBINGAN ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA KUASA, DAN MENGUCAPKAN “BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM”, PENYELENGGARAAN WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA KERJA MADRASAH MI KHODIJAH KOTA MALANG TAHUN 2011 SECARA RESMI DIBUKA. SEMOGA ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA, TUHAN YANG MAHA PENGASIH MERIDLAI UPAYA KITA SEMUA. AMIN

WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

 

BATU, 16 MEI 2011

KEPALA KANTOR KEMENTARIAN AGAMA KOTA MALANG

DRS. H. ABD. MANAN ZAKARIA, MM

NIP. 195703081981031003

Leave a Reply