Home / SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTYERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA WISUDA YPI HIDAYATUL MUBTADIIN (PAUD, RA, MI, MTS, MA & PONPES) MALANG, 18 JUNI 2011

SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTYERIAN AGAMA KOTA MALANG PADA ACARA WISUDA YPI HIDAYATUL MUBTADIIN (PAUD, RA, MI, MTS, MA & PONPES) MALANG, 18 JUNI 2011

YSH. REKTOR UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA KARYA MALANG.

YSH. SEGENAP WAKIL REKTOR BESERTA DOSEN PENGAJAR,

UNDANGAN, HADIRIN DAN SEGENAP KELUARGA BESAR CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA KARYA YANG BERBAHAGIA.

TIADA KALIMAT YANG LEBIH INDAH KECUALI MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA HANYA ATAS KASIH DAN KARUNIANYA YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA KITA, MAKA KITA DAPAT BERKUMPUL PADA HARI INI UNTUK MELEPAS PARA LULUSAN PROGRAM SARJANA DAN AHLI MADYA UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA KARYA MALANG.

UNTUK ITU, ATAS NAMA PEMERINTAH KOTA MALANG, SAYA MENYAMPAIKAN UCAPAN SELAMAT SERTA PENGHARGAAN KEPADA CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA KARYA MALANG DAN PARA WISUDAWAN ATAS KEBER-HASILANNYA MENYELESAIKAN STUDI DI UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA KARYA MALANG.

SEMOGA APA YANG TELAH DIRAIH PADA HARI INI MAMPU MENJADI BEKAL BAGI PARA WISUDAWAN UNTUK MENAPAK KE JENJANG BERIKUTNYA, KHUSUSNYA DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA NANTINYA.

PARA WISUDAWAN YANG BERBAHAGIA,

WISUDA, SESUNGGUHNYA BUKAN MERUPA-KAN AKHIR DARI PROSES BELAJAR, KARENA SETELAH MENINGGALKAN KAMPUS INI, ANDA AKAN MEMASUKI KEHIDUPAN BERMASYARAKAT YANG JAUH LEBIH LUAS. UNTUK MERAIH SUKSES DALAM FASE KEHIDUPAN YANG PENUH DENGAN TANTANGAN, PENTING BAGI KITA UNTUK MENG-IDENTIFIKASI KEKUATAN, KELEMAHAN KITA SENDIRI SEKALIGUS BERBAGAI FAKTOR EKSTERNAL YANG BERPENGARUH KUAT TERHADAP KEHIDUPAN KITA.

TERLEBIH, KELULUSAN ANDA INI BERSAMAAN DENGAN ERA GLOBALISASI, TUMBUHNYA UPAYA-UPAYA PEMBERDAYAAN DAERAH SEBAGAI KONSEKUENSI PENERAPAN AZAS DESENTRALISASI ATAU OTONOMI DAERAH, DAN BELUM PULIHNYA KONDISI NEGARA INI DARI KRISIS MULTI DIMENSI DALAM BIDANG EKONOMI, POLITIK, HUKUM, DAN SOSIAL. MELIHAT KONDISI DI ATAS, MUNGKIN SEBAGIAN BESAR DARI KITA AKAN MERASA PESIMIS DENGAN KONDISI TERSEBUT. NAMUN SEBETULNYA, ANDA DAPAT MELIHAT KENDALA EKSTERNAL TERSEBUT DARI KACA MATA YANG POSITIF, KREATIF, DAN INOVATIF. DENGAN CARA PANDANG SEPERTI ITU, ANDA DAPAT MEM-BALIKKAN KONDISI EKSTERNAL YANG SEMULA TIDAK BERPIHAK PADA ANDA MENJADI SUATU PELUANG YANG TERBUKA LEBAR DI HADAPAN ANDA.

GLOBALISASI AKAN MEMBUKA PELUANG BARU BAGI ANDA UNTUK MEMASUKI PASAR KERJA INTERNASIONAL ATAUPUN MEMBANGUN JEJARING INTERNASIONAL. YANG TERPENTING KITA BISA MEMENUHI DUA KUNCI KEBERHASILAN DALAM MEMASUKI GLOBALISASI YAKNI HARUS MEMILIKI KAPASITAS BELAJAR SENDIRI (SELF LEARNING CAPACITY), DAN KEMAMPUAN UNTUK MELAKUKAN ADAPTASI (ADAPTIBILITY) YANG BESAR.

DI SISI LAIN, OTONOMI DAERAH MEMBUKA PELUANG YANG SANGAT LEBAR BAGI WISUDAWAN UNTUK MEMBUKTIKAN DIRI BAHWA KITA ADALAH AGEN PEMBAHARU INDONESIA PERAN KITA SEBAGAI AGEN PEMBAHARU INI SANGAT DITUNGGU OLEH MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DAERAH YANG SEKARANG MEMILIKI HAK OTONOM, DAN MASIH MEMBUTUHKAN DUKUNGAN UNTUK MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DI DAERAH AGAR BISA MANDIRI DAN BERPRESTASI. OLEH KARENYA, OBOR-OBOR PEMBERDAYAAN YANG DAPAT MENGUSIR GELAPNYA KEMISKINAN DI DAERAH HARUS SEBANYAK-BANYAKNYA DINYALAKAN OLEH API UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA KARYA MALANG.

WISUDAWAN NANTINYA BUKANLAH SEKEDAR WORK FORCE YANG HANYA MAU DUDUK DI KANTOR BERFASILITAS LENGKAP DI KOTA-KOTA BESAR, NAMUN ADALAH LULUSAN YANG BERANI MEMBAYAR HARGA KESUKSESAN DENGAN KERJA KERAS DAN MEMBANGUN DAERAH UNTUK MEMBERDAYAKAN DIRI SENDIRI DAN MERAIH KESUKSESAN NYATA.

SEMENTARA ITU, KONDISI NEGARA YANG MASIH BELUM PULIH JUGA MERUPAKAN PELUANG BESAR BAGI KITA SEMUA UNTUK BERSAMA-SAMA MEMBANGUN KEMBALI CITRA BANGSA INI, TENTUNYA DENGAN SUMBANGAN PEMIKIRAN DAN PEKERJAAN YANG KONGKRET BAGI BANGSA INI. MASYARAKAT MENUNGGU PERAN ANDA YANG MAMPU MENGANTISIPASI DAN MENGATASI MASALAH DENGAN TINDAKAN NYATA.

DENGAN BERKURANGNYA PELUANG KERJA YANG TERSEDIA AKIBAT RENDAHNYA TINGKAT PERTUMBUHAN EKONOMI SAAT INI, MAKA PARA WISUDAWAN DITUNTUT UNTUK LEBIH KREATIF DAN INOVATIF, BUKAN HANYA UNTUK MENCARI POSISI DI LAPANGAN KERJA YANG TERSEDIA, TETAPI JUGA MEMBANGUN USAHA MANDIRI SEBAGAI ENTERPRENEUR ATAU MENITI KARIR MANDIRI (SELF EMPLOYED). DI SISI LAIN, WISUDAWAN PERLU SECARA PRAKTIS MENERAPKAN ILMU PENGETAHUAN DAN KECENDEKIAWANANNYA, GUNA PENGEMBANGAN DIRI, SEHINGGA PADA MUARANYA DAPAT MENINGKATKAN DAYA SAING BANGSA, AGAR KITA SEMUA BERHASIL MENGATASI KRISIS DAN BANGSA KITA MAMPU BERDIRI SEJAJAR DENGAN BANGSA-BANGSA SEJAHTERA LAINNYA.

HADIRIN DAN SEGENAP WISUDAWAN,

KIRANYA ITU LAH BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN. SEKALI LAGI SELAMAT SAYA SAMPAIKAN KEPADA CIVITAS AKADEMIKA DAN PARA WISUDAWAN / WISUDAWATI. SEMOGA TUHAN SENANTIASA MEMBERIKAN KEKUATAN SEHINGGA KE DEPAN NANTINYA, KEBERHASILAN SELALU MAMPU DIWUJUDKAN.

TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA DAN SEMOGA KASIH TUHAN SENANTIASA MENYERTAI LANGKAH ANDA.

 

WALIKOTA MALANG

 

Drs. PENI SUPARTO,M.AP

Leave a Reply