Home / Bimas Islam / Supervisi Tim RB ZI ke KUA
tim RB ZI Kemenag
Tim RB ZI Kemenag Kota Malang Supervisi di KUA Lowokwaru

Supervisi Tim RB ZI ke KUA

(Kota Malang – Humas) Selasa, 16 Juni 2020, Tim Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas Kementerian Agama Kota Malang melakukan kegiatan evaluasi dan monitoring keseiapan pelaksanaan reformasi birokrasi yang ada di KUA se-Kota Malang.

KUA Kecamatan Lowokwaru menjadi tempat pertama yang dikunjungi oleh tim. Saat berkunjung di anggota tim yang terdiri dari analis kepegawaian, perencana, ULP, Koordinator PTSP dan humas melakukan observasi, wawancara dan pengumpulan data dari semua pemegang kepentingan yang ada di KUA.

Hal yang menjadi perhatian utama dari tim adalah tentang layanan dan volumenya serta membandingkan dengan keberadaan sumber daya yang ada, baik dari sisi pelaksananya, prasarananya dan faktor-faktor lain yang dibutuhkan.

Pelayanan prima yang ada di KUA adalah sangat penting bagi Kementerian Agama karena merupakan garda terdepan dalam melayani masyarakat. Hal ini juga merupakan dari amanat reformasi birokrasi yang telah dicanangkan pemerintah sejak beberapa tahun terakhir.

Adapun muara dari semangat refiormasi birokrasi adalah kepuasan masyarakat atas layanan yang diberikan oleh setiap institusi pemerintah. Kateteria kepuasaan masyarakat itu bisa ditandai dengan beberapa parameter seperti, layanan yang semula susah menjadi mudah, yang jauh menjadi dekat, yang lama menjadi singkat, yang berbelit menjadi sederhana dan seterusnya.

Oleh karenanya untuk mencapai hal tersebut perlu dilakukan pengkajian ulang atas standar layanan yang ada, mengevaluasi beban kerja SDM dan mengembalikan tugas pokok dan fungsi pegawai sesuai regulasi yang ada, seperti apakah penghulu sudah melakukan tupoksinya, tidak sekedar mencatat peristiwa pernikahan saja, apa tugas pengadmistrasi, pengolah data dan juga penyuluh yang ada di KUA sudah seseui analisa jabatan. Hal ini menjadi perhatian serius karena dari hasil wawancara singkat tim, ternyata masih ada pegawai yang belum paham tupoksinya.

Selain melakukan observasi dan wawancara kepada pegawai KUA tim juga melakukan menggali informasi dari para pengguna layanan di KUA, mulai tentang kepuasaan layanan hingga masukan dan hal hal yang harus dibenahi.

Semua data dan informasi yang diperoleh tim direkam dan dicatat untuk dikaji serta dibuatkan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan untuk melakukan tindak lanjut bagi perbaikan layanan di KUA.

Check Also

Pro Kontra Sertifikasi Perkawinan, Ini Penjelasan Kemenag Kota Malang

(Bimas Islam) – Kepala seksi bimbingan masyarakat islam Kementerian Agama Kota Malang, Drs.H. Moh. Rosyad, …

Ngopi Bareng Ala Kemenag Kota Malang

(Bimas Islam) Adanya pro kontra, hingga adanya silang pendapat di masyarakat, bahkan sempat viral di …

Kemenag Kota Malang Sosialisasi Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

(humas-malang) Kementerian Agama Kota Malang menggelar sosialisasi Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan. Sosialiasi digelar dalam bentuk dialog …

Kemenag Kota Malang Gandeng Universitas Gajayana Malang Cegah Angka Perceraian

(humas) – Guna mengantisipasi perceraian di pernikahan usia dini Kemenag Kota Malang bekerjasama dengan Universitas …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.